Batu Berdahak Akut Sangat Sulit Di Obati

Posted by Neng Novie on


SEMUA orang pasti batuk. Ada yang ringan, ada yang berat. Ada yang berdahak, ada yang kering. Entah karena sudah biasa, orang lalu menganggap remeh batuk. Masalahnya, jika tidak diobati, terjadi infeksi. Dan jika sudah akut, kemungkinan besar sulit diobati.

Sebenarnya, batuk berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan. Tetapi bila berlebihan, itu sudah merupakan suatu penyakit. Batuk biasanya timbul secara mendadak. Bisa karena masuk angin, influenza atau pun sinusitis. "Selain menimbulkan kerugian apabila batuk berdahak berlebihan, pada dasarnya batuk berguna untuk membersihkan saluran pernapasan juga. Semua yang ada dalam tenggorokan akan terangkat lewat batuk," ungkap dr Nirwan Arief.
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek
Batuk adalah sebuah refleks fisiologi untuk melindungi tubuh dari benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan. Dalam jalan udara di tenggorokan ada banyak rambut getar yang terus bergerak dan berfungsi untuk menyapu bersih benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan, tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk. Tapi batuk juga bisa menjadi gejala dari sesuatu penyakit.

Faktor Penyebab

Batuk disebabkan oleh adanya peradangan pada lapisan lendir saluran pernapasan. Ada batuk berdahak akut karena infeksi disebabkan oleh bakteri atau virus, misalnya tubercolosa, influenza, dan campak. Sedangkan batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi, antara lain alergi, asma, atau pun debu. Sekadar diketahui, penyakit asma juga disertai batuk. Jika penderita asma terkena udara dingin, asma yang dideritanya akan kambuh. Dan itu biasanya disertai dengan batuk.

Selain itu, ada pula batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi yaitu makanan yang merangsang tenggorokan. Ada pula karena kanker. Batuk karena orang sering merokok sulit diatasi hanya dengan obat batuk simtomatik. Batuk berdahak pada orang yang sakit disebabkan oleh adanya kalainan dalam tubuh terutama pada saluran napas atau bronkitis.

Gejala-gejala

Batuk berdahak pada umumnya disebabkan oleh influenza. Gejalanya yaitu demam yang tinggi disertai otot tubuh yang kaku, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Namun batuk berdahak juga timbul akibat peradangan pada paru-paru.

Jika tidak segera diobati, bisa terjadi batuk berdahak akut. Bila sudah akut kemungkinan besar sulit diobati. Tambahan lagi, batuk berdahak yang berlebihan akan menimbulkan infeksi. Batuk berdahak yang terlalu sering akan membuat tenggorokan menjadi luka dan mengakibatkan tersumbatnya saluran pernapasan.

Pengobatan

Ada dua cara mengobati batuk berdahak ini, yaitu dengan obat dan tanpa obat. Batuk berdahak yang masih ringan dapat dikurangi dengan cara sering minum air putih. Gunanya adalah untuk membantu mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi atau rasa gatal. Hindari tempat yang berdebu atau pun makanan dan minuman yang dapat merangsang tenggorokan. Hindari juga udara malam karena suhunya yang dingin.

Cara lain adalah minum obat batuk. Tapi tidak boleh sembarangan. Obat batuk yang digunakan harus sesuai dengan jenis batuk. Obat batuk dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu ekspektoran (pengencer dahak) dan antitusif (penekan batuk). Batuk berdahak akibat infeksi bisa juga diobati dengan antibiotik. Batuk berdahak karena virus dapat diobati dengan obat anti jamur. Sementara batuk berdahak karena asma dapat diobati dengan obat asma seperti obat inhalasi (inhaler), obat makan, dan suntik. Bila batuk berdahak sudah akut, perlu dipikirkan untuk melakukan operasi. Setelah itu ada kemoterapi dan sinar.

More aboutBatu Berdahak Akut Sangat Sulit Di Obati

Madu Obat Batuk Paling Ampuh untuk Anak Daripada Obat Batuk

Posted by Neng Novie on

MADU dikenal mempunyai banyak manfaat. Satu sendok teh madu yang diminum sebelum tidur dapat meredakan batuk dan membantu anak tidur lebih nyenyak. Demikian hasil penelitian terbaru yang dilaporkan para orang tua terhadap anak-anak yang menderita batuk.

Obat tradisional ini lebih baik dari obat batuk maupun perawatan medis modern lainnya. Madu bermanfaat melegakan dan menyembuhkan luka pada tenggorokan. “Banyak sekali para orang tua yang ikut dalam penelitian ini. Dan mereka mengatakan apa yang dianjurkan nenek-nenek kita dulu memang benar, ” kata Kepala Tim Peneliti dari University’s College of Medicine, Negara Bagian Pennsylvania, Dr. Ian Paul. Hasil penelitian ini akan dimuat dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine bulan ini.

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Dewan kesehatan federal AS lama ini mengeluarkan peringatan supaya tidak menggunakan obat-obatan pereda batuk dan flu untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun. Selain itu, beberapa obat untuk bayi ditarik dari pasaran.

Tiga dokter anak yang juga ikut serta dalam penelitian ini menyarankan agar orang tua menggunakan obat tradisional seperti madu ini. Meski begitu, madu tidak boleh diberikan untuk anak di bawah usia 1 tahun karena dapat mengakibatkan keracunan makanan yang serius.

Penelitian ini melibatkan 105 anak yang menderita infeksi pernasan dari sebuah klinik di Pennsylvania. Orangtua diberikan sebuah tas kertas dengan instruksi dosis di dalammnya. Beberapa orang tua tidak mendapat catatan dosis khusus, beberapa lainnya diberikan instruksi dosis untuk obat flu rasa madu yang mengandung dextromethorphan sesuai dengan usia anak. Beberapa yang lain menggunakan dosis tertentu madu.

Selanjutnya, orangtua diminta untuk memonitor tidur dan batuk anak yaitu, sekali sebelum dan sesudah. Rata-rata anak menderita gejala infeksi pernafasan ini pada skala 7. Setelah penelitian kondisi kesehatan seluruh anak menjadi lebih baik. Namun, anak-anak yang diminumi madu mencapai perkembangan yang lebih baik.

“Berikan dosis sedikit-sedikit maka mereka akan menjadi lebih baik,” kata Pat Jackson Allen, profesor di University School of Nursing, Yale.

Penelitian ini dibiayai Dewan Madu Nasional, sebuah industri yang didiriakan Departemen Pertanian Amerika Serikat. “Namun dewan ini tidak ikut campur terhadap desain penelitian, data maupun hasilnya,” kata Paul.
More aboutMadu Obat Batuk Paling Ampuh untuk Anak Daripada Obat Batuk

Mengapa Batuk Mudah Menyerang?

Posted by Neng Novie on

Siapapun tentu pernah terserang batuk, bahkan ada yang sampai hitungan bulan dan menyebabkan suara hilang sama sekali. Penyakit ini memang terhitung gangguan kesehatan yang paling “merakyat” atau dengan kata lain penyakit yang mudah dijumpai dan tidak pandang bulu, namun bisa mengganggu kualitas hidup.

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Mengapa batuk mudah menyerang? Karena setiap kali kita menarik napas, sekelompok partikel asing ikut masuk ke dalam tubuh dan secara alami tubuh menjaga saluran pernafasan tetap bersih dengan cara batuk. Jika daya tahan tubuh lemah, virus dan bakteri akan mudah menginfeksi saluran pernafasan bagisan atas dan menimbulkan batuk. Batuk juga merupakan reaksi alergi akibat allergen yang tersebar di udara, kebiasaan merokok atau menjadi perokok pasif, terpapar polusi udara, sinusitis, dan infeksi paru-paru, seperti pneumonal atau bronchitis.

Batuk identik dan muncul bersamaan dengan flu atau influenza yang juga disebabkan oleh virus dengan cara penularan serupa. Pada saat seseorang menderita flu, cairan atau lendir yang terkumpul di rongga hidup dapat turun ke tenggorokan, yang merupakan bagian dari saluran pernafasan bagian atas. Virus yang menginfeksi pada saat gejala flu terjadi akan terbawa kesaluran pernafasan yang lebih bawah dan menyebabkan infeksi pada tenggorokan sehingga meradang. Hal tersebut akan merangsang produksi lendir pada tenggorokan, sehingga menimbulkan gejala batuk. Gejala seperti ini biasa dikenal juga dengan batuk berdaha.

Ada kalanya batuk yang disertai dengan gejala flu lainnya, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin. Itu sebabnya, obat bebas yang ada dipasaran biasanya menggunakan kombinasi formula untuk meredakan batuk dan flu sekaligus.

Jika digunakan sesuai dengan aturan pakai, obat bebas biasanya sudah cukup membantu mengatasi batuk. Namun bila batuk juga disertai dengan demam tinggi, dahak yang kental, berbau atau berwarna kuning kehijauan dan mengeluarkan darah, sebaiknya segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih jauh. Demikian pula jika batuk mengeluarkan darah, berlangsung lebih dari tiga minggu, kesulitan bernafas, terjadi pembengkakan wajah atau tenggorokan, serta timbulnya rasa sakit atau tertekan didada.

More aboutMengapa Batuk Mudah Menyerang?

4 Penyebab Batuk Tidak Sembuh

Posted by Neng Novie on

Untuk meredakan batuk, biasanya dengan mengonsumsi obat batuk. Tetapi, pada beberapa orang cara ini tidak efektif dan batuk kembali datang ketika tidak meminum obat.

Banyak penyebab mengapa batuk tak kunjung reda. Untuk itu, ketahuilah pemicu batuk kronis yang kambuhan, agar bisa menghindarinya.
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek
1. Asma dan alergi
Saat dada terasa kencang dan sesak napas disertai batuk adalah gejala karakteristik asma, yang cenderung intensif pada malam hari atau pagi. Ketika gejala asma tiba-tiba muncul, ini dikenal sebagai serangan asma.
Lalu pada orang yang tidak menderita asma, menghirup serbuk sari, debu, rambut hewan peliharaan, dan iritasi udara dapat memicu rhinitis alergi, yaitu reaksi alergi yang dapat menyebabkan batuk, bersama dengan gejala seperti hidung tersumbat dan bersin. Jika demikian, cari tahu apa pemicu alergi dan sebisa mungkin hindari kontak dengan pemicunya.

2. COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease)
COPD terjadi ketika saluran udara dan kantung udara di paru-paru menjadi meradang atau rusak. Hal ini paling sering disebabkan oleh rokok dan banyak terjadi pada usia 45 tahun ke atas. COPD membuat paru-paru menghasilkan lendir berlebihan, yang secara refleks tubuh mencoba untuk menghapusnya dengan batuk. Kerusakan jaringan yang terkait juga dapat membuat sesak napas.
Hal ini harus diperiksakan ke dokter, terutama jika Anda perokok. Untuk menentukan apakah seseorang terkena COPD atau tidak, akan dilakukan serangkaian tes.

3. Infeksi saluran pernapasan
Batuk kronis bisa bertahan lebih lama dari gejala lain (seperti hidung tersumbat dan demam), karena saluran udara di paru-paru tetap peka dan meradang. Kondisi ini disebut sindroma batuk kronis bagian atas.
Infeksi yang lebih serius adalah pneumonia, yang bisa disebabkan bakteri atau virus. Karakteristiknya batuk disertai dahak berwarna kehijauan disertai demam, mengigil, nyeri dada, mual dan rasa lelah.

4. Polusi udara
Polusi udara memang sulit dihindari, terutama di jalan raya. Polusi udara juga penyebab utama batuk tak kunjung reda. Dalam jangka pendek, asap knalpot misalnya bisa membuat batuk kering atau berdahak dan iritasi pada paru-paru. Belum lagi debu-debu di sekitar yang ikut terhirup bersama polusi karbon.

Untuk menghindarinya, gunakalah selalu masker saat Anda pergi ke tempat yang terpapar banyak polusi udara. Usahakan tiap akhir pekan, mengunjungi tempat yang memiliki udara segar untuk membersihkan paru-paru Anda.

More about4 Penyebab Batuk Tidak Sembuh

Batuk Pada Anak Yang Tidak Cepat Sembuh

Posted by Neng Novie on

Siang hari, meski agak lemas, Kiki, 8 tahun, masih bisa bermain dengan sepupunya. Di masa liburan, beruntung ia memiliki nenek yang tinggal tak jauh dari rumahnya. Jadi, dalam kondisi batuk yang terus menempel, ia masih bisa berkunjung ke rumah nenek dan berkumpul dengan sepupunya. "Batuknya sudah dua bulan. Tapi yang parah malam, bisa-bisa dia nggak tidur deh," kata sang mama.
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Badan anak yang akan menginjak kelas III sekolah dasar ini memang kurus. Sedari kecil, batuk akrab dengannya. Kadang baru sembuh seminggu, tenggorokannya sudah mulai gatal lagi dan tak lama suara uhuk-uhuk pun muncul dari mulutnya. Dr Haidir Suleiman MM, SpRM menyebutkan batuk merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan lendir yang jumlahnya berlebih. "Jadi, lendir atau dahak diproduksi dalam jumlah besar, sedangkan ukuran saluran pernapasan pada paru ukurannya medium," katanya. Normalnya, ia menyebutkan lendir tersebut keluar dari saluran bronkial dengan aksi dari cilia (rambut getar), menarik napas panjang dan batuk.

Walhasil, batuk adalah suatu motorik refleks. Spesialis anak FX Marseno menjabarkan batuk dipicu oleh sebuah rangsangan yang diteruskan ke otak dan dari pusat batuk di otak dikirim sinyal guna merangsang otot diafragma dan dinding rongga dada untuk beraksi dan berkontraksi. "Tidak semua batu itu jelek. Jadi jangan terlalu cemas," ia menegaskan dalam diskusi yang digelar Siloam Hospitals, Kebon Jeruk, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lantas, bagaimana bila batuk yang tidak kunjung sembuh atau terus kambuh? Marseno menyatakan kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dia memaparkan, bisa jadi faktor dokter yang mengobati, orang tua yang melaksanakan program pengobatan yang diberikan dokter, dan faktor lain yang belum diatasi dengan baik. Misalnya, pengaturan lingkungan hidup dan peningkatan daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular. Marseno menjelaskan, balita cenderung lebih sering sakit karena daya tahan tubuh mereka terhadap infeksi yang terjadi di sekitarnya masih rendah sehingga mereka cepat tertular. Begitu juga anak yang memiliki bakat alergi yang kuat. Infeksi serupa pada anak tanpa bakat alergi tidak memicu kondisi parah, tetapi pada anak dengan genetik alergi dapat menyebabkan gangguan yang berlarut-larut.

Dari sisi dokter, ia menyebutkan kekambuhan itu bisa jadi karena dokter belum mengetahui penyebabnya dan pemberian obat pun belum tepat. "Atau bisa juga pengobatan sudah tepat, tetapi orang tua tidak melaksanakannya sesuai dengan aturan," Marseno mengungkapkan. Misalnya, dokter meminta diberikan obat tiga kali, pagi-siang-malam, tapi pemberian obat tidak tepat waktu. Padahal, kata dia, dengan tiga waktu itu, ada interval khusus, yakni enam jam. Sedangkan orang tua memberinya obat dalam interval waktu delapan jam. Atau takarannya, seharusnya satu sendok, karena ragu atau takut, menjadi setengah dari takaran seharusnya.

Bisa jadi juga ketika si anak baru sembuh, ia tertular lagi dari lingkungan di sekolah atau rumah. Belum lagi si anak tak kunjung sehat karena faktor lingkungan yang tidak mendukung proses penyembuhan. Artinya, bebasnya si anak dari batuk itu tidak hanya bergantung pada obat-obatan. "Obat saja tidak cukup untuk menyelesaikan masalah batuk yang berulang dan tidak sembuh-sembuh," Marseno menegaskan.

Ia menambahkan, perlu dilakukan juga perbaikan lingkungan hidup karena faktor ini sering menjadi perangsang batuk. Caranya, hindari polusi udara, di antaranya berupa asap rokok, infeksi virus/selesma, bahan kimia, udara kering, dan berenang. Selain itu, perlu peningkatan daya tahan tubuh anak, pengendalian alergi bila ada, dan tentunya kerja sama orang tua dengan dokter.

Marseno menyebutkan batuk pada anak dibagi dua, menurut lamanya dan frekuensi kekambuhannya. Bila berlangsung kurang dari 14 hari disebut batuk akut dan umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Artinya, tidak memerlukan pengobatan yang spesifik. Sedangkan jenis lain ialah batuk kronik, yakni berlangsung lebih dari 14 hari dan berulang-ulang, sedikitnya tiga episode selama tiga bulan berturut-turut. "Nah, yang ini harus dicari penyebabnya dan disembuhkan dengan baik."

Di dunia medis, ia menjelaskan, dokter biasa menentukan lokasi kelainan penyebab batuk, apakah di saluran napas atau paru. Bila di saluran napas pun dicari lagi, apakah bagian atas atau bawah. Nah, pada batuk kronis berulang pada anak ada tiga penyebab. Yang paling sering adalah infeksi virus dan penyakit saluran napas seperti asma dan variannya. Sering juga disebabkan oleh alergi, rhinosinusitis, dan batuk pascainfeksi. Lalu, yang tergolong jarang masuknya benda asing, misalnya karena tersedak, rendahnya kekebalan tubuh, dan kelainan pada bronkus.

Karena itu, Marseno pun mengungkapkan pada anak perangsang refleks batuk pada anak ada tiga hal (SEK). Pertama, sekret, yakni ingus hidung dan lendir di tenggorokan, trakea, bronkus, dan bronkiolus. Kedua, edema--pembengkakan mukosa akibat radang dan infeksi. Biasanya karena alergi atau infeksi virus. Ketiga, kontriksi--penyempitan diameter saluran pernapasan karena pengerutan otot bronkus dan tekanan dari luar. Ia menegaskan, ada kesamaan untuk penanganan antara batuk akut dan kronis. "Obat penghilang batuk tak penting. Pengobatan harus berdasarkan penyebabnya."

RITA


Refleks Batuk
1. Batuk adalah sebuah usaha tubuh untuk mengeluarkan kelebihan cairan, toksin, dan benda asing dari saluran pernapasan.
2. Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh yang alami untuk melindungi sistem pernapasan sehingga batuk akut tidak seharusnya dihentikan atau ditahan. Dalam proses juga akan sembuh sendiri, kecuali bila sudah menjadi kronis.
3. Refleks batu terdiri atas empat tahapan.
a. Inspirasi: Menarik napas panjang, volume udara yang dihirup akan menentukan kekuatan batu. Kemudian glottis tertutup.
b. Kompresi: Terjadilah kontraksi pada otot-otot pernapasan sehingga terjadi tekanan pada rongga dada sangat tinggi sehingga glottis terbuka.
c. Ekspirasi: Aliran turbulen yang tinggi dan cepat sehingga benda-benda asing yang mengganggu dari saluran pernapasan keluar.
d. Relaksasi: Kontraksi terus terjadi pada otot-otot pernapasan sampai terjadi rangsangan batuk berikutnya.

Dongkrak Kelembapan Hidung
1. Dengan minum air sebanyak mungkin.
2. Mandi air hangat dan nasal drop/spray.
3. Menjaga kelembapan udara ruang yang ideal dengan cara memelihara ikan hias di akuarium, kolam kecil, atau humidifier. l
More aboutBatuk Pada Anak Yang Tidak Cepat Sembuh

Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Posted by Neng Novie on

Hi All, nanya dong biasanya kalo lagi hamil terserang batuk baiknya minum obat apa ya??
Selama ini gua cuma konsumsi vit C, uda agak baikan sih, tp msh byk dahaknya, kasihan ama dede kegoncang terus krn batuk. Bahaya gak ya buat yg di dalam kalo sy obatinya pelan2 dgn vit C aja?? Takut ada ngaruhnya ke janin kalo gak cepat disembuhin...Pengennya sih cuma vit C aja nih..

Ada yg diresepin benadryl gak ama dok kandungan buat batuk kalo lg hamil??

Pls share...

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

-----------

wah, lagi batuk ya, bu? kmrn ini aku batuk pilek dikasih actifed yang sirup sama dokterku. tapi aku cuma minum 1x sehari & ga lama2. pas udah mendingan aku stop. coba tny doktermu aja dulu. kalo ga parah2 banget sih lebih bagus ga minum obat kayanya ya. aku juga kalo ga sampe tepar tahan2in deh. bnyk makan jeruk & CDR doang. oya, bnyk istirahat juga ya...moga cepet sembuh

----------

Hi cheese girl, aku sih uda tanya dok kandungan dan dikasih benadryl syrup tp kok aku kyknya gak berani minum ya, uda gua tahan2in gak minum, minumnya vit C aja, emang mendingan sih tp lama sembuhnya, kalo uda batuk keingat ama yg di dalm duh kasihan dedenya kegoncang...

----------

iya...aku juga kalo batuk kasian dede. coba minum air anget kalo pas batuk. biasanya sih membantu biarpun sebentar. kalo tahan ga minum obat ya ga usah di minum benadryl`nya. kmrn aku juga sampe meriang aku tahan2in demi yang di dalem puji Tuhan cepet sembuh krn bnyk makan jeruk, minum air putih & CDR plus istirahat

---------

gw udah 2 kali batuk pas hamil... nyebelin bgt deh...
gw minum OBH combi, diksh sama dokter... krn batuknya lmyn juga... trus sering minum air anget... emang c gw sembuhnya ga cepet pas batuk yg pertama, tp batuk yg kedua cepet sembuh..
ktnya c OBH aman... lagean kalo ga diobatin, capek juga sakit mulu... daya tahan jd lemah, n makannya juga harus milih bgt kan...
kalo temen gw minum air perasan jeruk nipis + madu dicampur air anget.. gw udah mao praktekin tp ternyata gw udah sembuh duluan.. hihhhi...
semoga cepet sembuh...

---------

aku mo share pengalamanku ya.. waktu hamil dulu aku batuk kering, sampai sakit kalo mo nelan makanan.. waktu itu aku diresepin OBP racikan apotik sama minum lemocyn (tablet hisap antiseptik).. trus kata dokterku kalo batuk berdahak boleh pakai OBH racikan apotik kok..

trus kalau sudah sembuh, banyak minum air putih ato air kelapa ijo.. supaya air ketubannya ga jadi ijo.. katanya kalo kebanyakan konsumsi obat, air ketuban bs jadi ijo.. jadi untuk menetralisir efek kimia obat, kita perlu minum air putih ato air kelapa itu..

aku ga disarankan minum CDR, karena effervescent mengandung soda (CO), takutnya meracuni bayiku.. jadi aku kalo minum vit. C minum kaya ester-C gitu.. (UC juga ga disarankan diminum)

aku udah lahiran..dan puji Tuhan waktu lahir kemarin, air ketubanku masih putih bening..
More aboutObat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Obat Batuk Alami untuk Balita

Posted by Neng Novie on

Batuk sering menerpa bayi dan anak-anak. Ibu selalu memberi obat yang manjur untuk meredakan batuk, cukup sederhana yaitu madu. Jika dibandingkan dengan obat batuk berbentuk sirup yang umum dijual dipasaran atau membiarkan anaknya terbatuk-batuk semalaman, madu terbukti lebih baik.

Satu sendok madu diketahui dapat membantu meredakan batuk anak dimalam hari dan membantu mereka tidur lebih nyenyak, begitu dimuat dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine , edisi Desember 2007.

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Madu digunakan diseluruh dunia sebagai pengobatan tradisional untuk batuk, dan merupakan alternatif yang aman dan efektif sebagai obat batuk.

Ada beberapa alasan madu dapat menyembuhkan batuk : kualitas sirup madu yang manis melegakan tenggorokan, sementara unsur antioksidan madu juga merupakan salah satu faktor pereda batuk. Selain itu, madu memiliki efek antimikroba.

Tetapi perlu dicatat pula, bahwa madu tidak disarankan untuk bayi berusia di bawah satu tahun, karena risiko langka namun serius yang dapat menyebabkan sejenis keracunan makanan yaitu botulisme. Tetapi untuk anak-anak yang lebih besar, pada umumnya madu cukup aman digunakan. Mengenai dosis penggunaanya sesuai dengan rekomendasi obat batuk biasa :

  • 2-5 tahun : ½ sendok teh,
  • 6-11 tahun : 1 sendok teh,
  • 12 tahun ke atas : 2 sendok teh.
More aboutObat Batuk Alami untuk Balita

Obat Batuk Alami untuk Anak

Posted by Neng Novie on

Rasanya tak tega mendengar si kecil batuk-batuk. Terkadang ada orangtua yang menyuruh anaknya berhenti batuk karena khawatir akan menyakiti tenggorokannya. Padahal, batuk membuat anak bisa bernapas lebih lega. Jangan memaksanya untuk menahan batuk, asal batuknya bukan yang dibuat-buat untuk mencari perhatian lho. Berikan dia handuk kecil bersih untuk menutup mulutnya agar tak menularkan virus ke sana-sini.
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Ketika batuknya tak kunjung sembuh, biasanya Anda memberikan beragam obat. Namun, tunggu dulu, Catherine Tom-Revzon, PharmD, dokter anak di New York, mengatakan, obat batuk untuk anak-anak justru bisa berbahaya. Dalam beberapa kasus ditemukan anak-anak menjadi hiperaktif, pusing, dan sulit beristirahat di malam hari.

Daripada bertaruh terhadap kesehatan anak dengan obat-obatan kimiawi, coba berikan yang lebih alami. Ian Paul, MD, anggota farmakologi klinis dan komite terapeutis dari AAP, menyarankan untuk memberikan madu kepada anak-anak yang sakit batuk atau iritasi tenggorokan. Menurut penelitian, madu lebih baik dari obat batuk untuk melegakan tenggorokan setelah batuk. Madu yang lebih gelap, seperti jenis buckwheat, lebih manjur karena memiliki tingkat antioksidan lebih tinggi. Berikan setengah sendok makan madu kepada anak usia 1-5 tahun atau 1 sendok teh madu untuk anak usia 6-11 tahun. Tetapi jangan memberikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun untuk mencegah botulisme dari bakteri.
More aboutObat Batuk Alami untuk Anak

Obat Batuk Tradisional untuk Ibu Hamil

Posted by Neng Novie on

Terima Kasih buat Moms and Dads yang udah kasih saran. n juga buat Moderator.

Special Thanks to: Bapaknya Sulthan Tsaqif Haidar, Dini, Nanuk, Ferly, Mira,
rini/ibunya raissa + kyran dan Bunga.
Ini summarynya:

-Mba lessy
kalau istri saya waktu hamil minumnya obat batuk OBH tapi yg ngak pakai
combi.
itu yg di kasih sama dokternya.
semoga membantu ya dan cepat sembuh

Bapaknya Sulthan Tsaqif Haidar
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

-Dear mb Lessy,

Aku dulu sewaktu hamil juga pernah mengalami hal yang sama.Kalo gak salah
aku diresepin sama DSOG ku dengan OBH aku lupa mereknya apa.Katanya OBH yang
paling aman untuk ibu hamil.Kalo gak dikasih perasan jeruk nipis+kecap aja
mb.
Maaf kalo kurang membantu...

tks
Dini

-waduh, kasusnya sama nih dgn aku, dah seminggu ini aku batuk, trus sama
dokterku dikasih obat batuk syrup codipron, tapi sampe obatnya mo habis,
batuknya blom sembuh2 juga..secara gak hamil aja klo batuk bikin perut
sakit, apalagi sekarang lagi hamil...kira2 klo pake jeruk + kecap apa manjur
bin ampuh ya ?? (lho kok malah ikutan nanya....) sorry jadi ikutan curhat...

nanuk

- Saran aja nih mba, mendingan sih jangan Jeruk + kecap, tapi Jeruk nipis +
Madu aja.

Ferly

- mba lessy..

aku juga waktu hamil pernah kena batuk n flu..
aku lupa dl pake obat merk apa, tapi yang jelas aku tanya ama orang apotek ny
obat yang aman untuk ibu hamil..mereka tau ko
untuk batuk biasany dikasih obh yang herbal..aga lama sih sembuhny jd ya
sabar aja ya..

mira

- Dear mbak Lessy,

mau sharing aja nih. dulu pas hamil anak pertama (raissa), aku juga mengalami
batuk yang bener2 mengganggu, sampe pas batuk itu perut rasanya ikut sakit.
kebetulan waktu itu aku di UK, jelas aja ke dokter, aku di'cuek'in alias nggak
dikasih obat apa2, dan disuruh 'menikmati' aja batukku....hehehe.....

alhasil setelah menghabiskan 1 botol OBH bawaan dari tanah air dan batuknya
tetep nggak sembuh2, aku coba segala macem, dari yang namanya jeruk nipis +
kecap, jeruk nipis + madu, air jahe, air jahe + jeruk, teh panas +
jeruk......pada nggak berhasil juga.....terakhir, aku menemukan cara yang
paling jitu....yang setelah aku lakukan 3 kali, langsung sembuh....yaitu jeruk
nipis, dipotong 4, ditaburi garam....gigit dan hisap!...hehehe...

selamat mencoba!

rini/ibunya raissa + kyran



Mohon masukannya dan mungkin bisa kasih solusi ...

Saat ini saya sedang hamil 15 mingug tapi sudah 2 hari ini kena flu berat.Kira2
minum obat batuk berbahaya gak yah ? kebetulan saya juga kurang suka konsumsi
obat, lebih suka ramuan tradisional. Selain itu, kalau ibu hamil sedang sakit
apakah bayinya ikutan sakit juga/terganggu pertumbuhannya ?

Mohon masukannya, soalnya jadi pusing berat nih gara2 flu nya ...

terima kasih ya ...

ilna


Dear Ilna,

Kalau pengalaman kami, saya supply istri dengan makan 1 jeruk setiap hari.
Kalau dia lagi terkena flu, saya sarankan ke dia untuk makan jeruk pagi dan
siang. itu rasanya lebih aman drpd minum obat. Terus tambah lagi ajah dengan
tomat. itu pasti berguna.

Dokter sih menyrnkan untuk minum obat, tapi kami usahkan untuk tidak minum
obat, toh kalau pun minum obat, obatnya juga mengandung vit C kan? :-)

Begitu dulu sharing saya, mungkin ada masukan dari temen2 yang lain.

Perdana

Hai mba,

Sudah coba bed rest total? Kemarin aku baru ikut jumpa pakar Ayahbunda, dan
dokter yang mandu bilang kalau flu itu bisa sembuh kalau kita istirahat total.
Konsumsi Vit. C juga bagus. Memang kalau sedang hamil, sebisa mungkin
menghindari obat. Tapi, biasanya dokter juga tahu kok, mana yang aman untuk ibu
hamil. Dulu aku pernah juga flu pas hamil trisemester ke-2, dan di kasih
flumicil, rasanya seperti vit. C biasa.
Kalau memang sudah payah banget, boleh aja konsul ke dokter kandungan.
Moga membantu.

Regard's
Ibunya Umaira


Mbak, flu berat kalau didiamkan lama kelamaan mengganggu aktifitas kita dan
kondisi badan kita juga. saya sudah 2 kali flu selama hamil kedua ini. Pertama2
memang saya tidak minum obat, tapi lama kelamaan karena badan lemah dan
mempengaruhi nafsu makan, saya konsul ke dokter kandungan untuk mendapatkan
obat yang tidak berbahaya untuk Ibu hamil. Sakit pertama, saya batuk2 hebat
sampai perut saya sakit, waktu itu kandungan saya kalau tidak salah sudah masuk
trismester 2, akhirnya saya disarankan minum Obat batuk hitam untuk Ibu Hamil
dan minum panadol (saya lupa warna apa yang aman untuk Ibu hamil). Ternyata di
apotik dekat rumah tersedia obat itu.
Yang kedua, sekarang ini, udah seminggu lebih batuk pilek tapi belum sembuh2
juga. Saya sempet minumin obat batuk hitam itu juga tapi cuma beberapa kali.
setelah saya pikir, batuknya ga menyakitkan perut lagi, saya stop minum obat.
Mungkin karena itu yah sakitnya ga sembuh2..
Saran saya sih, asalkan nafsu makan tidak terpengaruh dan kondisi badan masih
kuat untuk beraktifitas, minum vitamin saja. Namun jika sangat mengganggu dan
membuat badan menjadi lemah, lebih baik konsul ke dokter untuk mendapatkan
pengobatan yang aman bagi Ibu hamil. Asupan makanan dan kondisi fisik Ibu
mempengaruhi janin juga.

Semoga membantu - prety


Aku juga pernah ngalamin flu berat saat hamil dan pas aku ngelahirin juga lagi
flu berat.
Selain banyak makan buah dan vit-C, DSOGku biasanya kasih CTM pil kuning
yang biasanya buat alergi atau gatel2 ituloh... itu aman bagi janin koq...
dosisnya jugakan udah disesuaikan sama kondisinya bumil he... selain itu kalo
untuk batuknya biasanya aku kasih obat tradisional jeruk nipis + kecap dan
untuk obatnya DSOGku kasih OBH.

Semoga membantu.

-emaknya Kei-
More aboutObat Batuk Tradisional untuk Ibu Hamil

Obat Batuk Tradisional untuk Balita

Posted by Neng Novie on

Air Kelapa Muda dan Kopi

Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekehendak anak. Dicampur dengan sedikit kopi (seujung sendok saja)

Brotowali (Putrawali, andawali)

Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan gunakan untuk mengobati luka serta gatalgatal.

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek


Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun : 2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt.

Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas /cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3kali 1 sdt per hari.
Kentang
Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan parutan kendtang segar dioleskan pada bisul 3-4 kali per hari Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat kentang yang mendinginkan.
Banglai (bangle, panglai, manglai, pandhiyang)
Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam hari, balurkan parutan banglai segal di kening dan badan anak.
Minyak zaitun
Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (craddle crap), sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit kepala.
Lidah buaya
Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan mengoleskan daging daun lidah buaya pada seluruh permukaan kulit yang menderita luka bakar.
Daun pepaya
Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas,beri-beri dan kejang perut. Caranya, daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.
Temulawak (koneng gede)
Untuk menambah nafsu makan. Caranya, 150 gram temulawak 50 gram kunyit segar dikupas, iris tipis, rendam dalam 500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu. Setelah 2 minggu ramuan siap untuk digunakan.Aturan minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air hangat, diminum pagi dan sore.
Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.
Adas (fennel)

Teh adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atauyang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi. Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1sdt teh adas dilarutkan dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut. Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan takaran sesuai umurnya.

More aboutObat Batuk Tradisional untuk Balita

Obat Batuk Tradisional untuk Anak

Posted by Neng Novie on

ANEKA OBAT TRADISIONAL UNTUK ANAK


Berikut sejumlah obat dan bumbu dapur yang biasa digunakan sekaligus
kegunaannya :
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek
Bawang Merah

Untuk menurunkan demam, parut bawang merah secukupnya, balurkan di tubuhbayi/anak.Untuk borok, 3 siung bawang merah dan 2 jari rimpang kunyit dicuci,diparut, lalu dicampur dengan 2 sendok minyak kelapa baru.

Hangatkan diatas api kecil sambil diaduk.Setelah dingin, oleskan pada bagian tubuh yang sakit sebanyak 2 kali sehari.Untuk masuk angin, 8 siung bawang merah, dicuci, tumbuk halus, campurdengan air kapur sirih secukupnya. Balurkan di punggung, leher, perut dan kaki.

Jahe

Untuk menghilangkan masuk angin, perut kembung dan kolik pada anak.Caranya, 1/4 sendok teh bubuk jahe kering dilarutkan dalam 1/2 cangkir air panas. Berikan 1-2 kali per hari sesuai umurnya.

Kunyit (kunir)

Untuk diare, 1/2 jari kunyit dan 3 lembar daun jambu biji muda segar dihaluskan, campur dengan 1/2 cangkir air, lalu diperas. Setelah disaring, diminumkan pada anak . Untuk kulit berjamur atau becak putih jamur/ruam popok karena pemakaian diapers, parut kunyit lalu oleskan.

Daun jambu Biji (jambu klutuk, jambu batu)

Untuk diare, 3 lembar daun jambu biji muda dan segar dicuci bersih, tumbuk halus, beri 1/2 cangkir air matang hangat, diperas dan diambil airnya.Beri garam secukupnya sebelum diminumkan pada anak.Air perasan diberikan pada anak sekehendaknya.

Belimbing wuluh (belimbing asam, belimbing buluk)

Biasanya digunakan untuk obat batuk anak. Caranya, kukus (dalam panci kecil tertutup selama beberapa jam) satu genggam (sekitar 11-12 gram) bunga belimbing wuluh segar, 5 butiradas, 1 sendok makan gula batu dan 1/2 gelas air. Saring dan minumkan 2-3 kali per hari dengan dosis sesuai usia anak.

Mengkudu (pace)

Untuk meringankan perut kembung pada bayi. Caranya, panaskan daun mengkudu diatas api beberapasaat, lalu olesi minyak kelapa segar / yang baru. Tempelkan pada perut anak sewaktu hangat. Bisa diulang beberapa kali.

Kemiri

Berkhasiat menyuburkan rambut bayi. Caranya, minyak kemiri dioleskan pada kepala bayi/anak sambil dipijat perlahan setiap malam. Pagi hari rambut disampo dan dibilas dengan air hangat hingga bersih. Minyak kemiri ini lebih baik yang sudah jadi.

Air Kelapa Muda

Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekendak anak.

Brotowali (Putrawali, andawali)

Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal.

Jeruk Nipis

Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun : 2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt. Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas /cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3 kali 1 sdt per hari.

Kentang

Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan parutan kendtang segar dioleskan pada bisul 3-4 kali per hari Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat kentang yang mendinginkan.

Banglai (bangle, panglai, manglai, pandhiyang)

Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam hari,balurkan parutan banglai segal di kening dan badan anak.

Minyak zaitun

Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (craddle crap),sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit kepala.

Lidah buaya

Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan mengoleskan daging daun lidah buaya pada seluruh permukaan kulit yang menderita luka bakar.

Daun pepaya.

Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas,beri-beri dan kejang perut. Caranya, daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.

Temulawak (koneng gede)

Untuk menambah nafsu makan. Caranya, 150 gram temulawan 50 gram kunyit segar dikupas, iris tipis,rendam dalam 500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu.Setelah 2 minggu ramuan siap untuk digunakan.Aturan minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air hangat, diminum pagi dan sore.

Kencur

Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.

Adas (fennel)

Teh adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atau yang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi. Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1sdt teh adas dilarutkan dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut. Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan takaran sesuai umurnya.
More aboutObat Batuk Tradisional untuk Anak

Obat Batuk Tradisional untuk Dewasa

Posted by Neng Novie on

Sakit batuk memang sangat menjengkelkan, baru enak-enak ngobrol dengan pacar atau istri eh tiba-tiba batuk datang, baru asik makan dengan relasi eh batuk datang, maka rusaklah atau terganggulah suasananya. Kalau sesekali batuknya mungkin tidak begitu mengganggu tapi kalau serangan batuk yang beruntun (orang jawa mengatakan batuk sampai kepingkel-pingkel ). Sakit batuk bisa disebabkan oleh berbagai hal antara lain kuman penyakit, debu/ kotoran, serta bau yang menyengat misal bau cabe/ bumbu yang sedang digoreng. Polusi udara, entah itu asap pembakaran atau asap knalpot juga debu baik debu jalanan atau debu ketika membersihkan rumah dapat menyebabkan kita sakit batuk.
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Sakit batuk ini diawali dengan tenggorokan yang serak dan gatal, rasa serak dan gatal inilah yang mendorong kita untuk batuk. Bahkan kadang sampai terjadi radang ditenggorokan. Kalau yang sakit orang dewasa mungkin kita tidak terlalu khawatir tapi kalau yang sakit batuk anak kecil bahkan bayi mungkin akan beda perasaan kita. Bagaimana tidak karena kalau bayi terkena batuk bayi tersebut biasanya belum bisa meludah jadi mengganggu pernapasan. Sebelum anda memutuskan untuk periksa ke dokter ada baiknya anda mencoba resep sederhana ini, resep tradisional yang sudah turun temurun dipraktekkan orang-orang jawa, obat ini hampir pasti bisa didapatkan disekitar dapur yakni dengan garam dapur. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

-Ambil sedikit garam dapur masukkan ke dalam gelas lalu tuangkan air matang yang
hangat kemudian aduk dengan sendok sampai garamnya larut, maka selesailah obat
batuk itu.
-Minum dan berkumurlah dengan segelas/ secangkir air garam tersebut sehari 3 kali
pagi, siang dan sore selama 3 hari. Insyaallah akan segera sembuh. Kalo ternyata
rasa serak, gatal dan batuk belum sembuh juga maka saya sarankan anda segera
berobat ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.
Selamat mencoba! Selama 3 hari berturut-turut
More aboutObat Batuk Tradisional untuk Dewasa

Obat Batuk Berdahak Tradisional

Posted by Neng Novie on

Disini saya akan menuliskan atau memuat tentang cara meramu atau membuat obat alami untuk mengobati sakit tenggorokan atau batuk berdahak.
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Bahan :
- 1 Buah jeruk Nipis
- 1/2 sendok teh Kecap manis

cara membuat :
Pertama-tama mencuci jeruk nipis kemudian iris jeruk nipis tadi menjadi dua bagian lalu diperas untuk diambil airnya kemudian simpan disendok makan lalu campurkan dengan kecap manis kemudian dikonsumsi.
(untuk satu kali minum/satu kali pakai)

aturan minumnya :
sebaiknya disaat meminumnya jangan seperti meminum air langsung ditelan namun ini dilakukan secara perlahan-lahan atau sedikit demi sedikit dan usahakan tersimpan ditenggorokan dengan tujuan air sari jeruk nipin tadi mengenai daerah yang sakit.
selama proses pengobatan sebaiknya hindari mengkonsumsi Es dan sejenisnya, makanan yang mengandung santan dan yang mengandung minyak.
More aboutObat Batuk Berdahak Tradisional

Obat Batuk Tradisional untuk Bayi

Posted by Neng Novie on

saya mau tanya nih..resep/obat tradisional untuk bayi yang lagi batuk pilek
yang manjur apaan yah
bayi saya umur 2,5 bulan sedang batuk pilek...
Terima Kasih
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek
----------------------------------------------------------

Resep dr orang tua saya saat anak saya, Sabrina, saya berikan "Adas pulo waras +
bunga blimbing sayur (blimbing wuluh kl basa jawanya) + gula batu"
semuanya diambil sedikit-sedikit, lalu di kukus, bisa diminumkan ke si kecil
tiap pagi dan sore.
Bisa juga kl udah besar ato pencernaannya tahan denga ramuan jawa, diberikan
kencur diparut lalu di peras (sedikit aja) lalu diberi madu.

demikian..semoga bermanfaat

----------------------------------------------------------

1 sendok teh madu ditambah 1/4 sendok teh bubuk kayu manis, ditambah air
suam-suam +/- 3 sendok teh, diaduk, kalau sudah agak dingin diminumkan
. Fungsinya juga membersihkan sinus.
Diminum 3 x sehari.
Semoga cepet sembuh.
More aboutObat Batuk Tradisional untuk Bayi

Obat Batuk Tradisional, Silahkan Dicoba!!

Posted by Neng Novie on

Tanya
Ada yang punya obat batuk tradisional untuk anak² (balita) anakku (3 th) batuknya nggak berhenti² aku sampai kasihan lihatnya dan dianya jadi nggak bisa tidur, saat ini dia sudah minum obat dokter tapi belum sembuh malah batuk batuk terus nggak berhenti apalagi habis minum susu mau distop susunya nggak bisa, kemarin malam tempat tidur sampai 3 kali ganti sprei dan ganti baju karena kena muntah, tadi malam aku kasih vicks formula agak reda tapi paginya mulai lagi dan jam 4 sudah bangun karena batuk² terus, gimana ya moms aku kasihan kalau dikasih obat²an terus. (Ni)

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek
Jawab
Kalau obat tradisional yg biasa utk batuk-pilek, biasanya aku kasih kunyit campur madu. Kalau aku kasih sebelum gejalanya memberat, misalnya paling baru bersin-bersin atau batuk sekali², biasanya jadi sembuh. Tapi kalau aku ngasihnya agak telat, misalnya udah pilek/batuk berat, biasanya nggak mempan. (Mi)

mbak, coba kasih kencur ama sedikit garam. agak pedas tapi insyaallah manjur. resepnya mertua. kencur diparut, kasih air anget dikit, peras kasih garam dikit, satu sendok 3x sehari lah. kencur kan agak pedes, garamnya utk ngilangin pedesnya. moga cepet sembuh ya.trus, kalo ke dokter kan biasa dikasih antibiotik tu kalo batuk, coba kalo batuknya udah agak redaan, kasih perasan kunyit dan madu dikit. moga cocok dech. (Ic)

Mbak, aku dpt resep ini juga dari DI. Utk ngilangin batuk yg membandel bisa dikasih : 1 sendok madu + bubuk kayu putih. Bubuk kayu putih bisa dibeli hero kok. Resep ini bisa utk anak² juga. (Li)

Aku punya resep lain dari bapakku, sewaktu batuk aku disuruh makan stup jambu klutuk, dan tentu saja karena rasanya enak anak² pasti mau minum (anaku juga doyan). Maaf nih takarannya aku 'gak tau pasti cuman bahannya sbb:
Jambu klutuk dipotong² (biji sama kulitnya jangan dibuang).
Kapulaga
Cengkih
Kayu manis
Gula batu
Air

Cara buat:
Didihkan air, masukkan kapulaga, cengkih, kayu manis dan gula batu. Setelah gulanya hancur masukkan jambu sebentar (+/- 5 menit). Cara minumnya, stup jambu diblender terus disaring bijinya. (Ri)
More aboutObat Batuk Tradisional, Silahkan Dicoba!!

Obat Batuk Cair Untuk Meredakan Batuk

Posted by Neng Novie on

Komposisi
Tiap sachet (7 ml) mengandung :
Glyceryl guaiacolate ……………. 100 mg
Dextromethorphane HBr…………..15 mg
Chlorpheniramine maleate…….....…2 mg

Cara Kerja
Bekerja sebagai antitusif, ekspektoran, antihistamin.

Indikasi
Untuk meredakan batuk
Dosis
Dewasa : 1 sachet, 3 kali sehari

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Efek Samping
Mengantuk, gangguan percernaan, mulut kering, retensi urine.

Kontraindikasi
Hipersensitifitas terhadap salah satu komponen obat ini.

Cara Penyimpanan
Simpan di bawah 30oC
Perhatian
Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaucoma, hipertrofi prostate, hipertiroid dan retensi urine.

Tidak dianjurkan penggunaan pada anak-anak usia di bawah 6 tahun, wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjuk dokter.

Hati-hati penggunaan bersamaan dengan obat-obat lain yang menekan susunan saraf pusat.

Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin.

Hati-hati pada penderita debil dan hipoksia (kekurangan oksigen).

Dapat menyebabkan depresi pernafasan dan susunan saraf pusat pada penggunaan dengan dosis besar atau pada pasien dengan gangguan fungsi pernafasan (missal : asma, emfisema).

Dapat menyebabkan kantuk

Kemasan : 1 amplop @ 3 Sachet
No. Registrasi : DTS0720932537A1
More aboutObat Batuk Cair Untuk Meredakan Batuk

Obat Batuk Berdahak Indofarma

Posted by Neng Novie on

Komposisi
Tiap tablet mengandung :
Bromhexine HCl……………….……….… 8 mg
Glyceril guaiacolate…………………….100 mg
Cara Kerja
Bekerja sebagai mukolitik dan ekspektoran

Indikasi
Mengencerkan dahak dan meredakan batuk berdahak.
Dosis
Dewasa dan anak>12 tahun : 1 tablet, 3 kali sehari
Anak 6 – 12 tahun : ½ tablet, 3 kali sehari
Anak 2 – 6 tahun : ¼ tablet, 3 kali sehari
Atau sesuai petunjuk dokter
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Efek Samping
Dapat terjadi efek samping sebagai berikut : mual, diare, gangguan pencernaan, perasaan penuh di perut, tetapi biasanya ringan.

Pernah dilaporkan efek samping : sakit kepala, vertigo, berkeringat banyak dan ruam kulit, juga dapat terjadi kenaikan transaminase.

Kontraindikasi
Penderita yang hipersensitif terhadap Bromhexine HCl dan komponen lain obat ini.

Interaksi Obat
Pemberian bersama-sama dengan antibiotika (amoxicillin, cefuroxim, doxycycline) akan menimbulkan konsentrasi antibiotika

Cara Penyimpanan
Simpan di bawah 30oC
Perhatian
Hindari penggunaan obat ini pada masa tiga bulan pertama kehamilan dan pada masa menyusui.
Hati-hati penggunaan pada penderita tukak lambung
Kemasan : 1 Strip @ 6 Tablet
No. Registrasi : DTS0720933410A1
(indofarma)
More aboutObat Batuk Berdahak Indofarma

Obat Batuk Berdahak Alami

Posted by Neng Novie on

Hati-Hati, Batuk Berdahak Akut Sulit Diobati

SEMUA orang pasti batuk. Ada yang ringan, ada yang berat. Ada yang berdahak, ada yang kering. Entah karena sudah biasa, orang lalu menganggap remeh batuk. Masalahnya, jika tidak diobati, terjadi infeksi. Dan jika sudah akut, kemungkinan besar sulit diobati.

Sebenarnya, batuk berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan. Tetapi bila berlebihan, itu sudah merupakan suatu penyakit. Batuk biasanya timbul secara mendadak. Bisa karena masuk angin, influenza atau pun sinusitis. "Selain menimbulkan kerugian apabila batuk berdahak berlebihan, pada dasarnya batuk berguna untuk membersihkan saluran pernapasan juga. Semua yang ada dalam tenggorokan akan terangkat lewat batuk," ungkap dr Nirwan Arief.

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek


Batuk adalah sebuah refleks fisiologi untuk melindungi tubuh dari benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan. Dalam jalan udara di tenggorokan ada banyak rambut getar yang terus bergerak dan berfungsi untuk menyapu bersih benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan, tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk. Tapi batuk juga bisa menjadi gejala dari sesuatu penyakit.

Faktor Penyebab

Batuk disebabkan oleh adanya peradangan pada lapisan lendir saluran pernapasan. Ada batuk berdahak akut karena infeksi disebabkan oleh bakteri atau virus, misalnya tubercolosa, influenza, dan campak. Sedangkan batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi, antara lain alergi, asma, atau pun debu. Sekadar diketahui, penyakit asma juga disertai batuk. Jika penderita asma terkena udara dingin, asma yang dideritanya akan kambuh. Dan itu biasanya disertai dengan batuk.

Selain itu, ada pula batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi yaitu makanan yang merangsang tenggorokan. Ada pula karena kanker. Batuk karena orang sering merokok sulit diatasi hanya dengan obat batuk simtomatik. Batuk berdahak pada orang yang sakit disebabkan oleh adanya kalainan dalam tubuh terutama pada saluran napas atau bronkitis.

Gejala-gejala

Batuk berdahak pada umumnya disebabkan oleh influenza. Gejalanya yaitu demam yang tinggi disertai otot tubuh yang kaku, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Namun batuk berdahak juga timbul akibat peradangan pada paru-paru.

Jika tidak segera diobati, bisa terjadi batuk berdahak akut. Bila sudah akut kemungkinan besar sulit diobati. Tambahan lagi, batuk berdahak yang berlebihan akan menimbulkan infeksi. Batuk berdahak yang terlalu sering akan membuat tenggorokan menjadi luka dan mengakibatkan tersumbatnya saluran pernapasan.

Pengobatan

Ada dua cara mengobati batuk berdahak ini, yaitu dengan obat dan tanpa obat. Batuk berdahak yang masih ringan dapat dikurangi dengan cara sering minum air putih. Gunanya adalah untuk membantu mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi atau rasa gatal. Hindari tempat yang berdebu atau pun makanan dan minuman yang dapat merangsang tenggorokan. Hindari juga udara malam karena suhunya yang dingin.

Cara lain adalah minum obat batuk. Tapi tidak boleh sembarangan. Obat batuk yang digunakan harus sesuai dengan jenis batuk. Obat batuk dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu ekspektoran (pengencer dahak) dan antitusif (penekan batuk). Batuk berdahak akibat infeksi bisa juga diobati dengan antibiotik. Batuk berdahak karena virus dapat diobati dengan obat anti jamur. Sementara batuk berdahak karena asma dapat diobati dengan obat asma seperti obat inhalasi (inhaler), obat makan, dan suntik. Bila batuk berdahak sudah akut, perlu dipikirkan untuk melakukan operasi. Setelah itu ada kemoterapi dan sinar.

More aboutObat Batuk Berdahak Alami

Obat Batuk Berdahak untuk Balita

Posted by Neng Novie on

kemaren anakku Azhar dari umur 3 bln s/d 5 bln langganan
batuk berdahak ampe suaranya hilang trus klo tidur kayak
org ngorok,udah dikasih obat tetap aja masih kambuh tiap
bulannya..Alhamdulillah ada tetangga yg infokan kasih
"pentil buah saoh" dicuci bersih trus digiling halus baru
diminumkan ke anakku,wah gak brp lama dahaknya langsung
keluar banyak bgt..setelah itu batuk anakku
hilang,tidurnya jg nyenyak gak ngorok lagi,suaranya juga
udah normal...wah senangnya ampe skrg gak batuk2
lagi...:))) mgkin bisa dicoba yg alami dulu ya bu
tika..:)))

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

-------------------

Anaknya umur berapa? kok obat2nya yang sudah dicoba banyak banget....
Ada alergi ndak? kalo batuknya karena alergi ya harus dihindari penyebab alerginya seperti ac yang terlalu dingin, debu, makanan tertentu
Ada anak temen saya batuk ndak sembuh2 juga ternyata karena ac udah lama tidak dibersihkan jadinya banyak debu
Kalo bukan karena alergi biasanya karena serangan virus aja dan sifatnya self limiting disease ya... yang penting banyak cairan terutama air putih hangat atau kaldu/sup hangat, sering dijemur di pagi hari, ac jangan terlalu dingin.
Obat tradisional yang bisa dicoba sih 1 sdm perasan jeruk nipis, 1 sdm madu, 1 sdm air matang, campur lalu di-tim setelah itu diminum 2 x 1/2 sdt kalo anaknya dibawah umur 1 th, kalo sudah diatas 1 th bisa 2 x 1 sdt.... ini bisa untuk anak diatas usia 8 bulan

--------------------------

Jacklyn umur 16 bulan kemarin, Saya kasih obat2 itu ada jedanya koq, setiap obat 3-4 hari, lalu istirahat 2-3 hari, saya liat rekasinya ada perbaikan atau tidak baru saya ganti obatnya. Memang kesannya nyoba2, tapi kan obat emang cocok2kan juga, asal sesuai takaran, umur dan memang obat untuk anak saya masih berani kasihnya.

Soal AC, itu yang terpikir pertama kali, selalu di bersihkan setiap minggu sama papinya, tetep aja batuk.

Serangan Virus? Sebelum batuk begini lama memang ada pilek dan panas segala, waktu itu ke dokter dan dokter bilang, kena virus, sempet minum antibiotic segala, tapi panas dan pilek yg hilang, tapi batuk tetep.

Cairan putih juga selalu saya kasih, dan selalunya minum air hangat. Sempat juga terpikir apa karena tumbuh gigi, krn hampir giginya tumbuh semua sekarang, bahkan gigi geraham saja sudah tumbuh duluan, baru depannya.

Ma kasih yah mbak, maaf sebelumnya saya belum menambahkan saya memerlukan nasehat obat tradisional yang tanpa madu nya di tim. Karena menurut org tua, madu kalo di tim atau di kukus itu khasiatnya sudah tidak berguna. Bahkan kalo minum air madu ga boleh pake air hangat, ga berguna juga, jadi kalo mau minum madu, minum air dengan suhu ruangan saja.

Kemarin temen kantor saya kasih artikel bikin obat tradisional untuk batuh berdahak, tapi saya ga bawa ke kantor sekarang, seinget saya ada, adas manis, kunyit, jeruk nipis, bawang merah segala, di kukus juga 30 menit tapi tanpa madu. Dan setelah nyoba seharian kemarin, lumayan, tadi malam batuknya ga sebanyak kemarin2…

More aboutObat Batuk Berdahak untuk Balita

Obat Batuk Berdahak untuk Bayi

Posted by Neng Novie on

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

kalo kepala anak panas bisa jd mo pilek or mo numbuh gigi Kalo mo pilek
badannya diangetin aja pake minyak telon, dsb trus kalo tidur kasih olesan
minyak telon campur pala bubuk di antara alis -atas hidung... ntar anak
bobonya tenang n idung gak mampet..pusing juga berkurang..' eh, iya
dikompres juga gpp..pake air anget...Kalo mo numbuh gigi bisa juga dikompres
kepalanya buat nurunin panas... trus biasanya juga susah makan.. so, kasih
aja makanan yg lsg telan alias rada halus.. makanan dingin ok juga tuh buat
ngurangin linu akibat tumbuh gigi...antra lain youghurt, eskrim, jus tomat,
or puding..kalo makanan beratnya sih bubur beras or bubur havermouth...gak
cepet2 mo kasih obat turun panas kalo panasnya gak lebih 38,5 n but sebisa
mungkin kalo panasnya wajar krn tumbuh gigi n mo pilek jgn kasih obat
deh...inget aja demam n panas tu tandanya dayatahan tubuh anak lagi kerja
nglawan infeksi....but kalo lebih dr 2 hari panas gak turun2 n ada gejala
lain mending ke DSA biar mantep....(Mbak Uci mamaKavin )

hanya kena virus flu, yg sembuhnya hanya dengan meningkatkan daya tahan
tubuh saja,... obat yg di perlukan hanya perbanyak asupan makanan dan
minuman bergizi tinggi, istirahat yg cukup, hanya itu kok mbak' kalo alergi
yah pencetusnya di hindari . nggak perlu setiap anak sakit kasih obat, sakit
kasih obat, yah anak jadi nggak kuat melawan kuman penyakit di tubuhnya anak
yg sering konsumsi obat2an malah lebih sering sakit lo mbak,.... karena
bakteri baik dalam tubuhnya udah nggak kuat lagi akibat di gempur terus
dengan obat2an...kalo mampet idungnya karena flu, coba di uap sendiri, taruh
air panas mendidih dalam ember kecil, teteskan sedikit barang 2-3 tetes
minyak kayu putih trus taroh ember itu di kamar (ruang tertutup), nah
biarkan uap air panas itu memenuhi ruangan (anak berada dalam kamar untuk
menghirup uap panas ini), insyaallah mampetnya pasti plong.....kalo batuk2
karena virus flu, perbanyak minum air putih hangat, dengan uap ini juga bisa
mengeluarkan dahaknya,.... kalo batuknya karena alergi ya pencetusnya di
hindari, macam debu, udara dingin, kutu, dll.....kalo anak demam ( > 38,5
derajat celcius) dan sudah tidak nyaman karena demamnya, baru kasih obat
penurun panas macam parasetamol untuk meredakan panasnya, bukan untuk
mengobati lho....... (ini dimaksudkan untuk mencegah anak step/kejang karena
ada keturunan tidak kuat dengan demam tinggi) bijaksanalah dalam memberikan
obat2an kepada anak2 anda tercinta (Winda Adjizar)

"Kalau soal hidung mampet, siapkan aja air matang campurkan garam. Disedot
sedikit pakai pipet, masukkan 1 - 2 tetes ke lubang hidung. Ini untuk
mencairkan muchus dalam hidung. Atau bisa juga beli obat tetes hidung buat
bayi/anak. Sesudah itu disedot hidungnya pakai sedotan khusus (kayak pipet
tapi menggembung). Dibuang deh muchusnya. Pengalamanku begini buat anak,
alhamdulillah, berhasil terus. Apalagi resiko hidup di negara 4 musim yg
3-nya dingin.""Cara lainnya, saran kawanku yg Physician Assistant. Air
mendidih, taruh kira2 1 - 2 sendok makan Vicks Vapor (obat gosok). Dekatkan
si bayi biar menghirup hawanya dna membuka hidung mampet. Jangan lupa,
disedot juga muchusnya. Dulu pernah karena darurat, aku pakai sedotan minum
biasa buat sedot hidung. Asal jangan terlalu dalam masuknya dan disedot
pelan2. treatment sendiri di rumah... diuapin gitu.... caranya Taruh
seember or sebaskom air panas yg dicampur munyak kayu putih...ember taruh di
sudut kamar n tutup pintu kamar.... so, udara kamar lembab...hidung anak
meler kluar ingus... trus kalo anak tidur kasih aja di dahinya campuran
minyak telon n pala bubuk... so, anak idungnya gak mampet n tidurnya
pules...." Info lagi nih buat ngluarin dahak/slam tuh pake daun kucai (ada
di supermarket...) caranya tumbuk daun kucai trus ambil lendirnya... minumin
ke anak... kalo muntah gpp brarti dahaknya kluar..."terus...kata dsa azbi
si...kalo panasnya 38 baru bisa kasi obat penurun panas....dan pakein baju
nya jgn tebel2...(jgn kasi selimut,or jaket) malahan kalo ada AC di kamar,
nyalain aja 24-25 derajat..en kalo mo kompres, pake air ledeng...gitu...
(wuri : wuri lilawati [EMAIL PROTECTED] )

Cuaca yang nggak bersahabat sekarang memang bisa buat anak-anak terserang
flu batuk seperti ini.Kalau memang tidak mengalami demam, berarti tidak ada
infeksi, jadi coba observe mbak, apa memang batuk dan bersin nya karena
alergi. Observe lagi kondisi kamar dan rumah (AC, seprei, boneka bulu,
tirai, dll.) Coba antisipasi flu dan batuknya dengan home treatment dulu,
perbanyak asupan nutrisi bergizi dan cairannya. Kalau masih ASI lebih baik
lagi, perbanyak saja intake-nya. Kalau hidungnya mampet, coba beri tetesan
Breathy yang bisa dibeli bebas di apotik (Breathy cuma mengandung larutan
saline/NaCl yang tidak punya efek samping bagi si kecil). Kalau mau tidur,
balur dada, punggung dan lehernya dengan balsem Transpulmin supaya membantu
melegakan pernapasannya. kalau perlu matikan AC supaya udara tidak kering.
Kalau bisa disiasati dengan home treatment, jangan terburu-buru mengkonsumsi
obat, mbak. Sejak dini latih tubuh anak kita untuk bisa memperkuat daya
tahan tubuh untuk memerangi infeksi virus yang lumrah terjadi di usianya
plus tetap observasi perkembangan sakitnya. Batuk, flu, dll. itu bisa segera
stop atau sebaliknya jadi 'betah' di tubuh anak, tergantung dari daya tahan
tubuh si anak juga dari ada tidaknya orang di rumah yang mungkin sedang
sakit juga.Kalau memang ada indikasi infeksi, siap-siap aja paracetamol dan
kompres hangat untuk antisipasi demam (yang untuk usia 6 bulan sekitar >
38.5 der. C) Memberi berbagai obat-obatan yang sebenarnya tidak terlalu
perlu untuk common cold anak, nggak membuat anak 'belajar' untuk memperkuat
daya tahan tubuhnya. Please note, obat batuk itu bisa terdiri dari >
1kandungan zat kimia yang berfungsi sebagai ekspektoran, decongestan,
antihistamin, painkiller,penurun panas, dll. ... PLUS belum tentu
diperuntukkan untuk usianya (nggak heran kalau majority obat-obatanya
diperuntukkan untuk anak usia 2 tahun ke atas, bukan di bawahnya). So,
mbak... keep on observation aja. He'll be recovered soon :) Coba dulu dengan
home treatment .... dan observe hasilnya (read: application is the evidence
of what you've learned/read) (Sylvia - Jovan's mum with
29-week-'bump')Sylvia Radjawane [EMAIL PROTECTED]

salah satu cara untuk ngilangin dahak untuk bayi itu dengan dijemur di
matahari. Waktunya antara jam 07.30 pagi - 09.00 pagi karena saat itu
kualitas sinar mataharinya bagus sekali. Soalnya susah sekali untuk
mengeluarkan dahak bagi bayi.Natalia [EMAIL PROTECTED]

mucopect itu obat pencair dahak ya? . Dahaknya dikeluarin lewat pupnya. Dulu
Keysha juga pernah pake, soalnya sempet flu dan dahaknya banyak tapi nggak
bisa keluar. Jadi kalo nafas suka bunyi grok2 gitu. Yang paling bagus sih
dijemur aja, cuma kalo udah parah bgt mesti tanya dsanya u/ minta
diuap.Aranthie [EMAIL PROTECTED]

Dintaku klo pilek berat aku kasih triaminic dan dijemur di panas matahari
pagi, biasanya dari abis mandi pagi jam 8.00 s/d jam 9.00. Trus klo bobo
malem, aku kasih transpulmin bb di punggung, pundak,dada dan dibelakang
telinganya. Tapi klo pileknya gak berat cuman meler di hidungnya kadang2 aja
.... ya cuman aku jemur plus tranpulmin bb.Klo batuknya berat aku kasih
bisolvon drop, jemur dan transpulmin bb tapi klo batuknya cuman jarang2
cuman jemur sama transpulmin bb.Puji Tuhan sembuh walo agak lama sih .....
o'ya selama batuk aku stop kasih jeruk dulu (
<[EMAIL PROTECTED]> [EMAIL PROTECTED])

Udah coba otrifin ? Dia obat tetes yang ditetesin ke hidung supaya
ngencering ingus yang mengental.. Untuk Flunya : Bisudrin Untuk Batuknya :
Mucopect 15 Mg, Keterangan obat ini hanya dipakai untuk tiga hari.Kayaknya
di apotik ada deh..Zainal Arifin

diuap aja bu.....dikamar taruh seember air panas...atau bisa pakai termos
listrik..... hati2 jangan sampai kekurangan air...anak dan ortu maen2 aja
didalam kamar selama 30 menit... bisa dilakukan 1-2 kali sehari... dijamin,
tidak hanya anak yg merasakan manfaat terapi uap,kita ibu2 juga dapet
positifnya loh mbak.... muka saya secara gak sengaja pasti lebih mulus kalo
abis ikutan terapi uap bersama anak selama beberapa hari ehheheh biarkan
ruangan jadi sangat hangat dan sangat lembab, ampuh bgt untuk melerin
ingus....gak perlu disedot..... dijemur boleh....beri minum air putih hangat
juga bisa bantu....intan dima [EMAIL PROTECTED]


More aboutObat Batuk Berdahak untuk Bayi

Obat Batuk Berdahak untuk Anak

Posted by Neng Novie on

Ibus, terima kasih atas sharingnya, berikut adalah inti dari summarynya;
1. Minum air putih hangat sesering mungkin
2. Pakai aroma theraphy
3. Di balurin transpulmin
4. Minum kapsul pegagan

Tanya

Ibus, sekarang ini anakku sedang batuk dan sepertinya ada dahaknya tapi batuknya itu tidak sering, hanya kasihan kecil2 batuk seperti itu, tidur-nya jadi agak terganggu. Saat ini baru aku kasih mucopect tapi aku lupa dosisnya, kira2 berapa tetes? Aku mau tahu biasanya ibus kasih obat apa untuk anaknya kalau lagi batuk seperti ini? Obatnya bebas di beli atau tidak ? Tolong masukannya ya bu. [DyL]

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Jawab

Anak kecil kasihan kalau dikasih obat batuk, pakai aroma theraphy saja, lebih aman, aku suka dibalurin sama menthe jadi agak lega batuknya. [ItK]

Anakku (10 bulan) batuk sudah 12 hari, dan tidak aku kasih obat apa2. Untuk membantu supaya sedikit lega, aku banyak-banyak kasih air putih hangat. Dibawah ini aku kutipkan artikel dari hasil seminar oleh dr. Wati. [Ml]

COUGHS

Batuk adalah mekanisme tubuh yang membantu kita mengeluarkan segala sesuatu yang mengganggu saluran napas kita, misalnya, lendir/ "slym,m" benda asing yang tersedak (susu, kacang, air dll). Yang terpenting, mencari tahu apa pencetus batuk. Infeksikah atau bukan infeksi. Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.

Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sampai dgn 2 minggu bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada anak lain yang lebih besar atau yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi.

Tatalaksana - Upayakan untuk mengurangi produksi lendir:
* Minum banyak yang hangat misalnya lemon
* Jangan ada asap rokok
* Ruangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air panas biarkan beberapa lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air panas mendidih, atau pasang humidifier)

Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi
Ingat:
* kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik
* Jangan beri obat untuk menekan refleks batuk (Codein),
Pada dasarnya, tidak ada yang namanya obat batuk itu. Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya.

Batuk yang 'basah' atau berlendir atau ada dahaknya harus pakai obat batuk expectorant yang fungsinya mengencerkan lendir supaya gampang lepas dari kerongkongan dan dimuntahkan atau ditelan dan terbuang bareng faeces.

Untuk tahu dosisnya, baca saja di etiketnya, pasti ada. Yang aku ingat kalau bisolvon dosisnya 1 ml per kg bb anak, jadi kalau anak berat badannya 12 kg ya 12 ml alias 12 tetes. Cuma aku mau ingatkan saja, jangan sembarangan kasih obat sama anak, kalau batuknya parah mending bawa ke dsa, kalau batuknya ringan coba sama obat yang biasa digunakan. Lagi-lagi bukan mau jualan, tapi barangkali coba aromaterapi tidak ada salahnya, karena tidak ada side effect seperti obat2xan. Semoga anakmu cepat sembuh ya. [St]

Sekedar sharing walaupun tidak bisa kasih input, mungkin bisa berguna buat ibu yang lain. Tanpa sengaja aku baca buku mahkota dewa adiku yang dibeli di gramedia. Aku coba telpon2 pengarangnya (Ibu Ning), dari telpon tsb, aku coba beli beberapa produk mahkota dewa untuk aku (menyembuhkan sinus, saat ini tidak aku lanjutkan karena sedang hamil) dan untuk anakku kalau batuk dan untuk daya tahan tubuhnya. Kalau batuk anaku baru 1-2hari bisa sembuh dengan minum 'kapsul pegagan' produk mahkota dewa ibu Ning, biasanya aku keluarkan isi kapsulnya dan dibagi dua dan aku masukkan kedalam kapsul yang ukurannya lebih kecil, jadinya 1 kapsul tadi itu diminum 2 kali dalam sehari. Selain itu kalau suhu badan anakku sudah mulai terasa hangat suka aku cepat2 kasih jamu (made 3 dan madu mahkota dewa)alhamdulillah selama ini sangat membantu dan tidak berlanjut demam. Tapi kalau suhu badannya sudah hampir atau '=' 38 derajat, belum pernah aku coba, biasanya aku bawa ketukang pijat dulu dan habis itu dikasih panadol atau tempra, biasanya juga 'tidak pernah berlanjut demam. Alhamdulillah semenjak minum jamu2an dari mahkota dewa ini anaku jarang sekali dibawa ke dokter. Sebenarnya made3 ini bisa diberikan juga setiap hari buat anak yang susah makan kayak anakku dan juga buat daya tahan tubuhnya, tapi 'tidak aku kasih karena harus banyak minum air putih, takut kerja ginjalnya terlalu berat. [Ra]

Anaknya usianya berapa? Apa tidak lebih baik dikonsultasikan ke dsa-nya dulu? Apalagi untuk penentuan dosisnya, karena jenis batuk yang aku tahu kan berbeda2, ada batuk dari alergi dll. Bahkan ada batuk yang dibarengi sesak nafas seperti anakku yang ada bronchitis. Apalagi kalau sampai berdahak banyak, kalau anakku dia susah untuk mengeluarkannya jadi kalau tidur benar2 terganggu. Kalau awal2 batuk aku biasanya kasih bisolvon tapi kalau nafasnya sudah grok2an dan merasa dahaknya banyak, kalau sudah begitu aku kasih dia terapi pakai nebulizer tapi sebelumnya dikonsultasiin dulu sama dsa-nya mengenai dosis2nya apalagi kalau terapi nebulizernya dilakukan sendiri dirumah bukan dirumah sakit. Semoga cepat sembuh anakmu ya. [Ly]

Anakku (2th) juga alergi, jadi mudah sekali kena batuk, kalau sudah batuk dahaknya banyak sekali, terutama di paru2nya, jadi kalau kita pegang dadanya terasa sekali getaran dahaknya. Dari bayi karena sering disuruh nebul sama dsanya akhirnya aku sampai punya nebulizer sendiri dirumah, tinggal minta resep dan dosisnya saja sama dsanya. Disamping itu aku juga sering (hampir tiap minggu) bawa anakku ke ancol pagi2 buat berenang dilaut, waktu musim hujan yang lalu juga tetap aku bawa kesana. Alhamdulillah, sekarang batuk/pileknya berkurang sekali, dan daya tahan tubuhnya juga meningkat. badannya juga sekarang keliatan berisi. Kalaupun sekarang sempat kena batuk, tidak lagi aku nebul atau aku kasih obat tapi dibiarkan saja, cuma dikasih minum yang banyak, dimasakin sup dan dikasih air jeruk [Dw]

Dicari tahu dulu sebab batuknya sang anak apa kira2? Mungkin alergi saja atau mungkin juga virus. Kalau menurut DSA saya, kalau batuk dengan dahak itu anak banyak2 saja dikasih minum biar dahaknya mencair dan bisa keluar bersamaan dengan air seninya. Terus ke kamar mandi ajak anak untuk diuapkan dengan air hangat. Bisa juga dadanya dan di lehernya dibalurkan penghangat. Sejauh ini tidak perlu yang namanya obat batuk, banyak minum sangat membantu sekali. Kalau kira2 alergi cari penyebabnya mungkin juga lingkungan sekitar atau debu. [Nz]

Anakku (2,5 tahun) juga baru sembuh dari batuk dan pilek. Kemarin aku kasih dia mucopet drops 3 x 10 tetes (buat batuk) sama fenistil drops 3 x 5 tetes (buat pileknya) Kalau tidak salah, untuk anak usia di bawah 2 tahun cukup dikasih 2x sehari dengan jumlah tetes yang sama. [Kn]

Minggu kemarin anak2ku juga pada batuk dan pilek. Abang malah sampai batuk berdahak itu, kasihan sekali melihatnya. Biasanya aku pakai Eucalyptus, cuma karena tidak mempan aku lalu baca2 lagi email2 yang dulu yang membahas tentang BA ini. Dan aku baru tahu kalau untuk menghilangkan dahak bisa pakai Green tea. Jadi aku coba pakai Euca+GT. Alhamdulillah sekali 2 hari aku pakai itu trus langsung hilang batuknya abang. Daripada obat kimiawi, lebih baik yang natural kali ya. [Sn]

Kalau anakku pada batuk pilek, selain banyak2 minum air putih, setiap mandi pagi-sore selalu aku bilas pakai transpulmin dengan air suam2 kuku, lumayan, dahaknya keluar, terus untuk kesehariannya, di gosokkan tanspulmin saja tipis2 diseputar dada, leher, dan pundaknya. Dan untuk batuknya mungkin bisa dipakaikan madu+bubuk kayu manis satu sendok teh, dikasihnya pagi-sore. [Rh]

Hindari telur, itu bisa bikin lendirnya tambah kental. [Nd]

Dulu anakku juga langganan batuk-pilek dari umur 10 bulan, mungkin karena tiap sakit langsung aku kasih obat, jadi daya tahan tubuhnya rentan sekali. Terus, aku disarankan untuk pakai aromaterapi. Aromaterapi itu alat yang bisa meringankan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, pencernaan, nyeri otot/urat, dll. Karena dengan aromaterapi kan udara jadi bersih, kalau bersih berarti tidak ada kuman/virus pencetus penyakit. Coba pakai minyak greentea untuk ber-aromaterapi. Insyaallah, badan jadi sehat dan kebal sama penyakit. [Ny]

Anakku (16 bulan), sedang batuk berlendir juga, cuma tidak pakai pilek. Aku juga bingung, awalnya hari kamis pas liburan tiba-tiba anakku batuk berdahak, biasanya kan kalau batuk berdahak diawali pilek atau demam dan batuk kering, ini tidak. Kebetulan dirumah ada mucopect sirup, aku kasih saja dia 2x sehari 2,5 ml. tapi sudah 5 hari tidak ada perubahan. Akhirnya aku bawa ke dokter, dikasih antibiotik sama mucopectnya diterusin. Memang lama juga baru aku bawa ke dokter, soalnya anakku tetap lincah, makannya juga banyak, tidak ada demam, kalau tidur juga pulas sekali, pokoknya seperti tidak sakit, hanya sesekali saja batuk berdahak. Alhamdulillah tidak apa-apa kata dsanya, setelah dikasih puyer sama dsa memang agak membaik dan dikasih antibiotik lagi. [Rs]

Sudah coba ke dokter lagi? Anakku kemarin begitu ketahuan dahaknya banyak, dia di nebulizer supaya bisa mengeluarkan dahaknya itu. Lalu setelahnya sempat dikasih obat batuk ventolin khusus asma kalau tidak salah. Yang penting minum air yang banyak saja
More aboutObat Batuk Berdahak untuk Anak

Obat Batuk Berdahak Herbal

Posted by Neng Novie on

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangOrang dewasa normal membentuk lendir sekitar 100 ml dalam saluran napas setiap hari. Lendir ini diangkut menuju faring oleh gerakan pembersihan normal dari silia yang ada diperbatasan saluran pernapasan. Kalau terbentuk lendir yang berlebihan, maka proses normal pembersihan mungkin tak efektif lagi, sehingga akhirnya lendir tertimbun. Bila hal ini terjadi maka lapisan dinding pernapasan / membran mukosa terangsang, dan lendir ini di batukkan keluar sebagai sputum / dahak.

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangPembentukan lendir yang berlebihan, mungkin disebabkan oleh gangguan fisik atau kimiawi, atau infeksi pada membran mokosa.

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangKapan saja sputum di produksi maka perlu diperhatikan warna, volume, dan konsentrasinya ( kental / encer ). Sputum yang dihasilkan sewaktu membersihkan tenggorokan kemungkinan besar berasal dari sinus-sinus atau saluran hidung, dan bukan dari saluran napas bagian bawah.

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangSputum yang banyak sekali dan purulen ( kental dan berwarna kekuningan- kehijauan ) menyatakan adanya proses keganasan seperti abses paru paru { paru- paru penuh nanah ), sedangkan pembentukan sputum yang terus meningkat dengan perlahan-lahan dalam jangka waktu bertahun-tahun merupakan tanda adanya Bronkitis kronik atau bronkiektasis.

Warna sputum juga penting. obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangSputum yang berwarna kekuning-kuningan merupakan tanda adanya infeksi. Sputum yang berwarna hijau merupakan petunjuk adanya penimbunan nanah. Sputum yang berwarna hijau sering ditemukan pada bronkiektasis karena penimbunan nanah dalam bronkiolus (bronkus kecil) yang melebar dan terkena infeksi.

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangBanyak penderita infeksi pada saluran napas bagian bawah mengeluarkan sputum yang berwarna hijau pada pagi hari, tetapi makin siang menjadi kuning.

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangSifat dan konsistensi sputum juga dapat memberikan informasi yang berguna. Sputum yang berwarna merah muda dan berbusa merupakan tanda dari edema paru- paru akut.

Sedangkan sputum yang berbau busuk merupakan tanda abses paru – paru atau bronkiektasis.

Pada batuk berdahak konsumsi Propolis 3 – 4 x 10 tetes per hari, banyak minum air hangat dan minum obat batuk ekpektoran sampai batuk reda dan dahak normal kembali.

.

obat herbal alami madu propolis
Satu paket berisi 7 botol @ 6 ml
Harga 1 paket Rp. 700.000
SPECIAL HARGA MEMBER
Rp. 550.000
Syarat menjadi member HANYA membayar biaya registrasi
Rp. 30.000

(1 kali & berlaku seumur hidup)

.

More aboutObat Batuk Berdahak Herbal