Obat Batuk Cair Untuk Meredakan Batuk

Posted by Neng Novie on

Komposisi
Tiap sachet (7 ml) mengandung :
Glyceryl guaiacolate ……………. 100 mg
Dextromethorphane HBr…………..15 mg
Chlorpheniramine maleate…….....…2 mg

Cara Kerja
Bekerja sebagai antitusif, ekspektoran, antihistamin.

Indikasi
Untuk meredakan batuk
Dosis
Dewasa : 1 sachet, 3 kali sehari

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Efek Samping
Mengantuk, gangguan percernaan, mulut kering, retensi urine.

Kontraindikasi
Hipersensitifitas terhadap salah satu komponen obat ini.

Cara Penyimpanan
Simpan di bawah 30oC
Perhatian
Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaucoma, hipertrofi prostate, hipertiroid dan retensi urine.

Tidak dianjurkan penggunaan pada anak-anak usia di bawah 6 tahun, wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjuk dokter.

Hati-hati penggunaan bersamaan dengan obat-obat lain yang menekan susunan saraf pusat.

Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin.

Hati-hati pada penderita debil dan hipoksia (kekurangan oksigen).

Dapat menyebabkan depresi pernafasan dan susunan saraf pusat pada penggunaan dengan dosis besar atau pada pasien dengan gangguan fungsi pernafasan (missal : asma, emfisema).

Dapat menyebabkan kantuk

Kemasan : 1 amplop @ 3 Sachet
No. Registrasi : DTS0720932537A1
More aboutObat Batuk Cair Untuk Meredakan Batuk

Obat Batuk Berdahak Indofarma

Posted by Neng Novie on

Komposisi
Tiap tablet mengandung :
Bromhexine HCl……………….……….… 8 mg
Glyceril guaiacolate…………………….100 mg
Cara Kerja
Bekerja sebagai mukolitik dan ekspektoran

Indikasi
Mengencerkan dahak dan meredakan batuk berdahak.
Dosis
Dewasa dan anak>12 tahun : 1 tablet, 3 kali sehari
Anak 6 – 12 tahun : ½ tablet, 3 kali sehari
Anak 2 – 6 tahun : ¼ tablet, 3 kali sehari
Atau sesuai petunjuk dokter
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Efek Samping
Dapat terjadi efek samping sebagai berikut : mual, diare, gangguan pencernaan, perasaan penuh di perut, tetapi biasanya ringan.

Pernah dilaporkan efek samping : sakit kepala, vertigo, berkeringat banyak dan ruam kulit, juga dapat terjadi kenaikan transaminase.

Kontraindikasi
Penderita yang hipersensitif terhadap Bromhexine HCl dan komponen lain obat ini.

Interaksi Obat
Pemberian bersama-sama dengan antibiotika (amoxicillin, cefuroxim, doxycycline) akan menimbulkan konsentrasi antibiotika

Cara Penyimpanan
Simpan di bawah 30oC
Perhatian
Hindari penggunaan obat ini pada masa tiga bulan pertama kehamilan dan pada masa menyusui.
Hati-hati penggunaan pada penderita tukak lambung
Kemasan : 1 Strip @ 6 Tablet
No. Registrasi : DTS0720933410A1
(indofarma)
More aboutObat Batuk Berdahak Indofarma

Obat Batuk Berdahak Alami

Posted by Neng Novie on

Hati-Hati, Batuk Berdahak Akut Sulit Diobati

SEMUA orang pasti batuk. Ada yang ringan, ada yang berat. Ada yang berdahak, ada yang kering. Entah karena sudah biasa, orang lalu menganggap remeh batuk. Masalahnya, jika tidak diobati, terjadi infeksi. Dan jika sudah akut, kemungkinan besar sulit diobati.

Sebenarnya, batuk berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan. Tetapi bila berlebihan, itu sudah merupakan suatu penyakit. Batuk biasanya timbul secara mendadak. Bisa karena masuk angin, influenza atau pun sinusitis. "Selain menimbulkan kerugian apabila batuk berdahak berlebihan, pada dasarnya batuk berguna untuk membersihkan saluran pernapasan juga. Semua yang ada dalam tenggorokan akan terangkat lewat batuk," ungkap dr Nirwan Arief.

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek


Batuk adalah sebuah refleks fisiologi untuk melindungi tubuh dari benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan. Dalam jalan udara di tenggorokan ada banyak rambut getar yang terus bergerak dan berfungsi untuk menyapu bersih benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan, tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk. Tapi batuk juga bisa menjadi gejala dari sesuatu penyakit.

Faktor Penyebab

Batuk disebabkan oleh adanya peradangan pada lapisan lendir saluran pernapasan. Ada batuk berdahak akut karena infeksi disebabkan oleh bakteri atau virus, misalnya tubercolosa, influenza, dan campak. Sedangkan batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi, antara lain alergi, asma, atau pun debu. Sekadar diketahui, penyakit asma juga disertai batuk. Jika penderita asma terkena udara dingin, asma yang dideritanya akan kambuh. Dan itu biasanya disertai dengan batuk.

Selain itu, ada pula batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi yaitu makanan yang merangsang tenggorokan. Ada pula karena kanker. Batuk karena orang sering merokok sulit diatasi hanya dengan obat batuk simtomatik. Batuk berdahak pada orang yang sakit disebabkan oleh adanya kalainan dalam tubuh terutama pada saluran napas atau bronkitis.

Gejala-gejala

Batuk berdahak pada umumnya disebabkan oleh influenza. Gejalanya yaitu demam yang tinggi disertai otot tubuh yang kaku, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Namun batuk berdahak juga timbul akibat peradangan pada paru-paru.

Jika tidak segera diobati, bisa terjadi batuk berdahak akut. Bila sudah akut kemungkinan besar sulit diobati. Tambahan lagi, batuk berdahak yang berlebihan akan menimbulkan infeksi. Batuk berdahak yang terlalu sering akan membuat tenggorokan menjadi luka dan mengakibatkan tersumbatnya saluran pernapasan.

Pengobatan

Ada dua cara mengobati batuk berdahak ini, yaitu dengan obat dan tanpa obat. Batuk berdahak yang masih ringan dapat dikurangi dengan cara sering minum air putih. Gunanya adalah untuk membantu mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi atau rasa gatal. Hindari tempat yang berdebu atau pun makanan dan minuman yang dapat merangsang tenggorokan. Hindari juga udara malam karena suhunya yang dingin.

Cara lain adalah minum obat batuk. Tapi tidak boleh sembarangan. Obat batuk yang digunakan harus sesuai dengan jenis batuk. Obat batuk dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu ekspektoran (pengencer dahak) dan antitusif (penekan batuk). Batuk berdahak akibat infeksi bisa juga diobati dengan antibiotik. Batuk berdahak karena virus dapat diobati dengan obat anti jamur. Sementara batuk berdahak karena asma dapat diobati dengan obat asma seperti obat inhalasi (inhaler), obat makan, dan suntik. Bila batuk berdahak sudah akut, perlu dipikirkan untuk melakukan operasi. Setelah itu ada kemoterapi dan sinar.

More aboutObat Batuk Berdahak Alami

Obat Batuk Berdahak untuk Balita

Posted by Neng Novie on

kemaren anakku Azhar dari umur 3 bln s/d 5 bln langganan
batuk berdahak ampe suaranya hilang trus klo tidur kayak
org ngorok,udah dikasih obat tetap aja masih kambuh tiap
bulannya..Alhamdulillah ada tetangga yg infokan kasih
"pentil buah saoh" dicuci bersih trus digiling halus baru
diminumkan ke anakku,wah gak brp lama dahaknya langsung
keluar banyak bgt..setelah itu batuk anakku
hilang,tidurnya jg nyenyak gak ngorok lagi,suaranya juga
udah normal...wah senangnya ampe skrg gak batuk2
lagi...:))) mgkin bisa dicoba yg alami dulu ya bu
tika..:)))

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

-------------------

Anaknya umur berapa? kok obat2nya yang sudah dicoba banyak banget....
Ada alergi ndak? kalo batuknya karena alergi ya harus dihindari penyebab alerginya seperti ac yang terlalu dingin, debu, makanan tertentu
Ada anak temen saya batuk ndak sembuh2 juga ternyata karena ac udah lama tidak dibersihkan jadinya banyak debu
Kalo bukan karena alergi biasanya karena serangan virus aja dan sifatnya self limiting disease ya... yang penting banyak cairan terutama air putih hangat atau kaldu/sup hangat, sering dijemur di pagi hari, ac jangan terlalu dingin.
Obat tradisional yang bisa dicoba sih 1 sdm perasan jeruk nipis, 1 sdm madu, 1 sdm air matang, campur lalu di-tim setelah itu diminum 2 x 1/2 sdt kalo anaknya dibawah umur 1 th, kalo sudah diatas 1 th bisa 2 x 1 sdt.... ini bisa untuk anak diatas usia 8 bulan

--------------------------

Jacklyn umur 16 bulan kemarin, Saya kasih obat2 itu ada jedanya koq, setiap obat 3-4 hari, lalu istirahat 2-3 hari, saya liat rekasinya ada perbaikan atau tidak baru saya ganti obatnya. Memang kesannya nyoba2, tapi kan obat emang cocok2kan juga, asal sesuai takaran, umur dan memang obat untuk anak saya masih berani kasihnya.

Soal AC, itu yang terpikir pertama kali, selalu di bersihkan setiap minggu sama papinya, tetep aja batuk.

Serangan Virus? Sebelum batuk begini lama memang ada pilek dan panas segala, waktu itu ke dokter dan dokter bilang, kena virus, sempet minum antibiotic segala, tapi panas dan pilek yg hilang, tapi batuk tetep.

Cairan putih juga selalu saya kasih, dan selalunya minum air hangat. Sempat juga terpikir apa karena tumbuh gigi, krn hampir giginya tumbuh semua sekarang, bahkan gigi geraham saja sudah tumbuh duluan, baru depannya.

Ma kasih yah mbak, maaf sebelumnya saya belum menambahkan saya memerlukan nasehat obat tradisional yang tanpa madu nya di tim. Karena menurut org tua, madu kalo di tim atau di kukus itu khasiatnya sudah tidak berguna. Bahkan kalo minum air madu ga boleh pake air hangat, ga berguna juga, jadi kalo mau minum madu, minum air dengan suhu ruangan saja.

Kemarin temen kantor saya kasih artikel bikin obat tradisional untuk batuh berdahak, tapi saya ga bawa ke kantor sekarang, seinget saya ada, adas manis, kunyit, jeruk nipis, bawang merah segala, di kukus juga 30 menit tapi tanpa madu. Dan setelah nyoba seharian kemarin, lumayan, tadi malam batuknya ga sebanyak kemarin2…

More aboutObat Batuk Berdahak untuk Balita

Obat Batuk Berdahak untuk Bayi

Posted by Neng Novie on

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

kalo kepala anak panas bisa jd mo pilek or mo numbuh gigi Kalo mo pilek
badannya diangetin aja pake minyak telon, dsb trus kalo tidur kasih olesan
minyak telon campur pala bubuk di antara alis -atas hidung... ntar anak
bobonya tenang n idung gak mampet..pusing juga berkurang..' eh, iya
dikompres juga gpp..pake air anget...Kalo mo numbuh gigi bisa juga dikompres
kepalanya buat nurunin panas... trus biasanya juga susah makan.. so, kasih
aja makanan yg lsg telan alias rada halus.. makanan dingin ok juga tuh buat
ngurangin linu akibat tumbuh gigi...antra lain youghurt, eskrim, jus tomat,
or puding..kalo makanan beratnya sih bubur beras or bubur havermouth...gak
cepet2 mo kasih obat turun panas kalo panasnya gak lebih 38,5 n but sebisa
mungkin kalo panasnya wajar krn tumbuh gigi n mo pilek jgn kasih obat
deh...inget aja demam n panas tu tandanya dayatahan tubuh anak lagi kerja
nglawan infeksi....but kalo lebih dr 2 hari panas gak turun2 n ada gejala
lain mending ke DSA biar mantep....(Mbak Uci mamaKavin )

hanya kena virus flu, yg sembuhnya hanya dengan meningkatkan daya tahan
tubuh saja,... obat yg di perlukan hanya perbanyak asupan makanan dan
minuman bergizi tinggi, istirahat yg cukup, hanya itu kok mbak' kalo alergi
yah pencetusnya di hindari . nggak perlu setiap anak sakit kasih obat, sakit
kasih obat, yah anak jadi nggak kuat melawan kuman penyakit di tubuhnya anak
yg sering konsumsi obat2an malah lebih sering sakit lo mbak,.... karena
bakteri baik dalam tubuhnya udah nggak kuat lagi akibat di gempur terus
dengan obat2an...kalo mampet idungnya karena flu, coba di uap sendiri, taruh
air panas mendidih dalam ember kecil, teteskan sedikit barang 2-3 tetes
minyak kayu putih trus taroh ember itu di kamar (ruang tertutup), nah
biarkan uap air panas itu memenuhi ruangan (anak berada dalam kamar untuk
menghirup uap panas ini), insyaallah mampetnya pasti plong.....kalo batuk2
karena virus flu, perbanyak minum air putih hangat, dengan uap ini juga bisa
mengeluarkan dahaknya,.... kalo batuknya karena alergi ya pencetusnya di
hindari, macam debu, udara dingin, kutu, dll.....kalo anak demam ( > 38,5
derajat celcius) dan sudah tidak nyaman karena demamnya, baru kasih obat
penurun panas macam parasetamol untuk meredakan panasnya, bukan untuk
mengobati lho....... (ini dimaksudkan untuk mencegah anak step/kejang karena
ada keturunan tidak kuat dengan demam tinggi) bijaksanalah dalam memberikan
obat2an kepada anak2 anda tercinta (Winda Adjizar)

"Kalau soal hidung mampet, siapkan aja air matang campurkan garam. Disedot
sedikit pakai pipet, masukkan 1 - 2 tetes ke lubang hidung. Ini untuk
mencairkan muchus dalam hidung. Atau bisa juga beli obat tetes hidung buat
bayi/anak. Sesudah itu disedot hidungnya pakai sedotan khusus (kayak pipet
tapi menggembung). Dibuang deh muchusnya. Pengalamanku begini buat anak,
alhamdulillah, berhasil terus. Apalagi resiko hidup di negara 4 musim yg
3-nya dingin.""Cara lainnya, saran kawanku yg Physician Assistant. Air
mendidih, taruh kira2 1 - 2 sendok makan Vicks Vapor (obat gosok). Dekatkan
si bayi biar menghirup hawanya dna membuka hidung mampet. Jangan lupa,
disedot juga muchusnya. Dulu pernah karena darurat, aku pakai sedotan minum
biasa buat sedot hidung. Asal jangan terlalu dalam masuknya dan disedot
pelan2. treatment sendiri di rumah... diuapin gitu.... caranya Taruh
seember or sebaskom air panas yg dicampur munyak kayu putih...ember taruh di
sudut kamar n tutup pintu kamar.... so, udara kamar lembab...hidung anak
meler kluar ingus... trus kalo anak tidur kasih aja di dahinya campuran
minyak telon n pala bubuk... so, anak idungnya gak mampet n tidurnya
pules...." Info lagi nih buat ngluarin dahak/slam tuh pake daun kucai (ada
di supermarket...) caranya tumbuk daun kucai trus ambil lendirnya... minumin
ke anak... kalo muntah gpp brarti dahaknya kluar..."terus...kata dsa azbi
si...kalo panasnya 38 baru bisa kasi obat penurun panas....dan pakein baju
nya jgn tebel2...(jgn kasi selimut,or jaket) malahan kalo ada AC di kamar,
nyalain aja 24-25 derajat..en kalo mo kompres, pake air ledeng...gitu...
(wuri : wuri lilawati [EMAIL PROTECTED] )

Cuaca yang nggak bersahabat sekarang memang bisa buat anak-anak terserang
flu batuk seperti ini.Kalau memang tidak mengalami demam, berarti tidak ada
infeksi, jadi coba observe mbak, apa memang batuk dan bersin nya karena
alergi. Observe lagi kondisi kamar dan rumah (AC, seprei, boneka bulu,
tirai, dll.) Coba antisipasi flu dan batuknya dengan home treatment dulu,
perbanyak asupan nutrisi bergizi dan cairannya. Kalau masih ASI lebih baik
lagi, perbanyak saja intake-nya. Kalau hidungnya mampet, coba beri tetesan
Breathy yang bisa dibeli bebas di apotik (Breathy cuma mengandung larutan
saline/NaCl yang tidak punya efek samping bagi si kecil). Kalau mau tidur,
balur dada, punggung dan lehernya dengan balsem Transpulmin supaya membantu
melegakan pernapasannya. kalau perlu matikan AC supaya udara tidak kering.
Kalau bisa disiasati dengan home treatment, jangan terburu-buru mengkonsumsi
obat, mbak. Sejak dini latih tubuh anak kita untuk bisa memperkuat daya
tahan tubuh untuk memerangi infeksi virus yang lumrah terjadi di usianya
plus tetap observasi perkembangan sakitnya. Batuk, flu, dll. itu bisa segera
stop atau sebaliknya jadi 'betah' di tubuh anak, tergantung dari daya tahan
tubuh si anak juga dari ada tidaknya orang di rumah yang mungkin sedang
sakit juga.Kalau memang ada indikasi infeksi, siap-siap aja paracetamol dan
kompres hangat untuk antisipasi demam (yang untuk usia 6 bulan sekitar >
38.5 der. C) Memberi berbagai obat-obatan yang sebenarnya tidak terlalu
perlu untuk common cold anak, nggak membuat anak 'belajar' untuk memperkuat
daya tahan tubuhnya. Please note, obat batuk itu bisa terdiri dari >
1kandungan zat kimia yang berfungsi sebagai ekspektoran, decongestan,
antihistamin, painkiller,penurun panas, dll. ... PLUS belum tentu
diperuntukkan untuk usianya (nggak heran kalau majority obat-obatanya
diperuntukkan untuk anak usia 2 tahun ke atas, bukan di bawahnya). So,
mbak... keep on observation aja. He'll be recovered soon :) Coba dulu dengan
home treatment .... dan observe hasilnya (read: application is the evidence
of what you've learned/read) (Sylvia - Jovan's mum with
29-week-'bump')Sylvia Radjawane [EMAIL PROTECTED]

salah satu cara untuk ngilangin dahak untuk bayi itu dengan dijemur di
matahari. Waktunya antara jam 07.30 pagi - 09.00 pagi karena saat itu
kualitas sinar mataharinya bagus sekali. Soalnya susah sekali untuk
mengeluarkan dahak bagi bayi.Natalia [EMAIL PROTECTED]

mucopect itu obat pencair dahak ya? . Dahaknya dikeluarin lewat pupnya. Dulu
Keysha juga pernah pake, soalnya sempet flu dan dahaknya banyak tapi nggak
bisa keluar. Jadi kalo nafas suka bunyi grok2 gitu. Yang paling bagus sih
dijemur aja, cuma kalo udah parah bgt mesti tanya dsanya u/ minta
diuap.Aranthie [EMAIL PROTECTED]

Dintaku klo pilek berat aku kasih triaminic dan dijemur di panas matahari
pagi, biasanya dari abis mandi pagi jam 8.00 s/d jam 9.00. Trus klo bobo
malem, aku kasih transpulmin bb di punggung, pundak,dada dan dibelakang
telinganya. Tapi klo pileknya gak berat cuman meler di hidungnya kadang2 aja
.... ya cuman aku jemur plus tranpulmin bb.Klo batuknya berat aku kasih
bisolvon drop, jemur dan transpulmin bb tapi klo batuknya cuman jarang2
cuman jemur sama transpulmin bb.Puji Tuhan sembuh walo agak lama sih .....
o'ya selama batuk aku stop kasih jeruk dulu (
<[EMAIL PROTECTED]> [EMAIL PROTECTED])

Udah coba otrifin ? Dia obat tetes yang ditetesin ke hidung supaya
ngencering ingus yang mengental.. Untuk Flunya : Bisudrin Untuk Batuknya :
Mucopect 15 Mg, Keterangan obat ini hanya dipakai untuk tiga hari.Kayaknya
di apotik ada deh..Zainal Arifin

diuap aja bu.....dikamar taruh seember air panas...atau bisa pakai termos
listrik..... hati2 jangan sampai kekurangan air...anak dan ortu maen2 aja
didalam kamar selama 30 menit... bisa dilakukan 1-2 kali sehari... dijamin,
tidak hanya anak yg merasakan manfaat terapi uap,kita ibu2 juga dapet
positifnya loh mbak.... muka saya secara gak sengaja pasti lebih mulus kalo
abis ikutan terapi uap bersama anak selama beberapa hari ehheheh biarkan
ruangan jadi sangat hangat dan sangat lembab, ampuh bgt untuk melerin
ingus....gak perlu disedot..... dijemur boleh....beri minum air putih hangat
juga bisa bantu....intan dima [EMAIL PROTECTED]


More aboutObat Batuk Berdahak untuk Bayi

Obat Batuk Berdahak untuk Anak

Posted by Neng Novie on

Ibus, terima kasih atas sharingnya, berikut adalah inti dari summarynya;
1. Minum air putih hangat sesering mungkin
2. Pakai aroma theraphy
3. Di balurin transpulmin
4. Minum kapsul pegagan

Tanya

Ibus, sekarang ini anakku sedang batuk dan sepertinya ada dahaknya tapi batuknya itu tidak sering, hanya kasihan kecil2 batuk seperti itu, tidur-nya jadi agak terganggu. Saat ini baru aku kasih mucopect tapi aku lupa dosisnya, kira2 berapa tetes? Aku mau tahu biasanya ibus kasih obat apa untuk anaknya kalau lagi batuk seperti ini? Obatnya bebas di beli atau tidak ? Tolong masukannya ya bu. [DyL]

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Jawab

Anak kecil kasihan kalau dikasih obat batuk, pakai aroma theraphy saja, lebih aman, aku suka dibalurin sama menthe jadi agak lega batuknya. [ItK]

Anakku (10 bulan) batuk sudah 12 hari, dan tidak aku kasih obat apa2. Untuk membantu supaya sedikit lega, aku banyak-banyak kasih air putih hangat. Dibawah ini aku kutipkan artikel dari hasil seminar oleh dr. Wati. [Ml]

COUGHS

Batuk adalah mekanisme tubuh yang membantu kita mengeluarkan segala sesuatu yang mengganggu saluran napas kita, misalnya, lendir/ "slym,m" benda asing yang tersedak (susu, kacang, air dll). Yang terpenting, mencari tahu apa pencetus batuk. Infeksikah atau bukan infeksi. Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.

Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sampai dgn 2 minggu bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada anak lain yang lebih besar atau yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi.

Tatalaksana - Upayakan untuk mengurangi produksi lendir:
* Minum banyak yang hangat misalnya lemon
* Jangan ada asap rokok
* Ruangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air panas biarkan beberapa lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air panas mendidih, atau pasang humidifier)

Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi
Ingat:
* kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik
* Jangan beri obat untuk menekan refleks batuk (Codein),
Pada dasarnya, tidak ada yang namanya obat batuk itu. Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya.

Batuk yang 'basah' atau berlendir atau ada dahaknya harus pakai obat batuk expectorant yang fungsinya mengencerkan lendir supaya gampang lepas dari kerongkongan dan dimuntahkan atau ditelan dan terbuang bareng faeces.

Untuk tahu dosisnya, baca saja di etiketnya, pasti ada. Yang aku ingat kalau bisolvon dosisnya 1 ml per kg bb anak, jadi kalau anak berat badannya 12 kg ya 12 ml alias 12 tetes. Cuma aku mau ingatkan saja, jangan sembarangan kasih obat sama anak, kalau batuknya parah mending bawa ke dsa, kalau batuknya ringan coba sama obat yang biasa digunakan. Lagi-lagi bukan mau jualan, tapi barangkali coba aromaterapi tidak ada salahnya, karena tidak ada side effect seperti obat2xan. Semoga anakmu cepat sembuh ya. [St]

Sekedar sharing walaupun tidak bisa kasih input, mungkin bisa berguna buat ibu yang lain. Tanpa sengaja aku baca buku mahkota dewa adiku yang dibeli di gramedia. Aku coba telpon2 pengarangnya (Ibu Ning), dari telpon tsb, aku coba beli beberapa produk mahkota dewa untuk aku (menyembuhkan sinus, saat ini tidak aku lanjutkan karena sedang hamil) dan untuk anakku kalau batuk dan untuk daya tahan tubuhnya. Kalau batuk anaku baru 1-2hari bisa sembuh dengan minum 'kapsul pegagan' produk mahkota dewa ibu Ning, biasanya aku keluarkan isi kapsulnya dan dibagi dua dan aku masukkan kedalam kapsul yang ukurannya lebih kecil, jadinya 1 kapsul tadi itu diminum 2 kali dalam sehari. Selain itu kalau suhu badan anakku sudah mulai terasa hangat suka aku cepat2 kasih jamu (made 3 dan madu mahkota dewa)alhamdulillah selama ini sangat membantu dan tidak berlanjut demam. Tapi kalau suhu badannya sudah hampir atau '=' 38 derajat, belum pernah aku coba, biasanya aku bawa ketukang pijat dulu dan habis itu dikasih panadol atau tempra, biasanya juga 'tidak pernah berlanjut demam. Alhamdulillah semenjak minum jamu2an dari mahkota dewa ini anaku jarang sekali dibawa ke dokter. Sebenarnya made3 ini bisa diberikan juga setiap hari buat anak yang susah makan kayak anakku dan juga buat daya tahan tubuhnya, tapi 'tidak aku kasih karena harus banyak minum air putih, takut kerja ginjalnya terlalu berat. [Ra]

Anaknya usianya berapa? Apa tidak lebih baik dikonsultasikan ke dsa-nya dulu? Apalagi untuk penentuan dosisnya, karena jenis batuk yang aku tahu kan berbeda2, ada batuk dari alergi dll. Bahkan ada batuk yang dibarengi sesak nafas seperti anakku yang ada bronchitis. Apalagi kalau sampai berdahak banyak, kalau anakku dia susah untuk mengeluarkannya jadi kalau tidur benar2 terganggu. Kalau awal2 batuk aku biasanya kasih bisolvon tapi kalau nafasnya sudah grok2an dan merasa dahaknya banyak, kalau sudah begitu aku kasih dia terapi pakai nebulizer tapi sebelumnya dikonsultasiin dulu sama dsa-nya mengenai dosis2nya apalagi kalau terapi nebulizernya dilakukan sendiri dirumah bukan dirumah sakit. Semoga cepat sembuh anakmu ya. [Ly]

Anakku (2th) juga alergi, jadi mudah sekali kena batuk, kalau sudah batuk dahaknya banyak sekali, terutama di paru2nya, jadi kalau kita pegang dadanya terasa sekali getaran dahaknya. Dari bayi karena sering disuruh nebul sama dsanya akhirnya aku sampai punya nebulizer sendiri dirumah, tinggal minta resep dan dosisnya saja sama dsanya. Disamping itu aku juga sering (hampir tiap minggu) bawa anakku ke ancol pagi2 buat berenang dilaut, waktu musim hujan yang lalu juga tetap aku bawa kesana. Alhamdulillah, sekarang batuk/pileknya berkurang sekali, dan daya tahan tubuhnya juga meningkat. badannya juga sekarang keliatan berisi. Kalaupun sekarang sempat kena batuk, tidak lagi aku nebul atau aku kasih obat tapi dibiarkan saja, cuma dikasih minum yang banyak, dimasakin sup dan dikasih air jeruk [Dw]

Dicari tahu dulu sebab batuknya sang anak apa kira2? Mungkin alergi saja atau mungkin juga virus. Kalau menurut DSA saya, kalau batuk dengan dahak itu anak banyak2 saja dikasih minum biar dahaknya mencair dan bisa keluar bersamaan dengan air seninya. Terus ke kamar mandi ajak anak untuk diuapkan dengan air hangat. Bisa juga dadanya dan di lehernya dibalurkan penghangat. Sejauh ini tidak perlu yang namanya obat batuk, banyak minum sangat membantu sekali. Kalau kira2 alergi cari penyebabnya mungkin juga lingkungan sekitar atau debu. [Nz]

Anakku (2,5 tahun) juga baru sembuh dari batuk dan pilek. Kemarin aku kasih dia mucopet drops 3 x 10 tetes (buat batuk) sama fenistil drops 3 x 5 tetes (buat pileknya) Kalau tidak salah, untuk anak usia di bawah 2 tahun cukup dikasih 2x sehari dengan jumlah tetes yang sama. [Kn]

Minggu kemarin anak2ku juga pada batuk dan pilek. Abang malah sampai batuk berdahak itu, kasihan sekali melihatnya. Biasanya aku pakai Eucalyptus, cuma karena tidak mempan aku lalu baca2 lagi email2 yang dulu yang membahas tentang BA ini. Dan aku baru tahu kalau untuk menghilangkan dahak bisa pakai Green tea. Jadi aku coba pakai Euca+GT. Alhamdulillah sekali 2 hari aku pakai itu trus langsung hilang batuknya abang. Daripada obat kimiawi, lebih baik yang natural kali ya. [Sn]

Kalau anakku pada batuk pilek, selain banyak2 minum air putih, setiap mandi pagi-sore selalu aku bilas pakai transpulmin dengan air suam2 kuku, lumayan, dahaknya keluar, terus untuk kesehariannya, di gosokkan tanspulmin saja tipis2 diseputar dada, leher, dan pundaknya. Dan untuk batuknya mungkin bisa dipakaikan madu+bubuk kayu manis satu sendok teh, dikasihnya pagi-sore. [Rh]

Hindari telur, itu bisa bikin lendirnya tambah kental. [Nd]

Dulu anakku juga langganan batuk-pilek dari umur 10 bulan, mungkin karena tiap sakit langsung aku kasih obat, jadi daya tahan tubuhnya rentan sekali. Terus, aku disarankan untuk pakai aromaterapi. Aromaterapi itu alat yang bisa meringankan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, pencernaan, nyeri otot/urat, dll. Karena dengan aromaterapi kan udara jadi bersih, kalau bersih berarti tidak ada kuman/virus pencetus penyakit. Coba pakai minyak greentea untuk ber-aromaterapi. Insyaallah, badan jadi sehat dan kebal sama penyakit. [Ny]

Anakku (16 bulan), sedang batuk berlendir juga, cuma tidak pakai pilek. Aku juga bingung, awalnya hari kamis pas liburan tiba-tiba anakku batuk berdahak, biasanya kan kalau batuk berdahak diawali pilek atau demam dan batuk kering, ini tidak. Kebetulan dirumah ada mucopect sirup, aku kasih saja dia 2x sehari 2,5 ml. tapi sudah 5 hari tidak ada perubahan. Akhirnya aku bawa ke dokter, dikasih antibiotik sama mucopectnya diterusin. Memang lama juga baru aku bawa ke dokter, soalnya anakku tetap lincah, makannya juga banyak, tidak ada demam, kalau tidur juga pulas sekali, pokoknya seperti tidak sakit, hanya sesekali saja batuk berdahak. Alhamdulillah tidak apa-apa kata dsanya, setelah dikasih puyer sama dsa memang agak membaik dan dikasih antibiotik lagi. [Rs]

Sudah coba ke dokter lagi? Anakku kemarin begitu ketahuan dahaknya banyak, dia di nebulizer supaya bisa mengeluarkan dahaknya itu. Lalu setelahnya sempat dikasih obat batuk ventolin khusus asma kalau tidak salah. Yang penting minum air yang banyak saja
More aboutObat Batuk Berdahak untuk Anak

Obat Batuk Berdahak Herbal

Posted by Neng Novie on

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangOrang dewasa normal membentuk lendir sekitar 100 ml dalam saluran napas setiap hari. Lendir ini diangkut menuju faring oleh gerakan pembersihan normal dari silia yang ada diperbatasan saluran pernapasan. Kalau terbentuk lendir yang berlebihan, maka proses normal pembersihan mungkin tak efektif lagi, sehingga akhirnya lendir tertimbun. Bila hal ini terjadi maka lapisan dinding pernapasan / membran mukosa terangsang, dan lendir ini di batukkan keluar sebagai sputum / dahak.

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangPembentukan lendir yang berlebihan, mungkin disebabkan oleh gangguan fisik atau kimiawi, atau infeksi pada membran mokosa.

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangKapan saja sputum di produksi maka perlu diperhatikan warna, volume, dan konsentrasinya ( kental / encer ). Sputum yang dihasilkan sewaktu membersihkan tenggorokan kemungkinan besar berasal dari sinus-sinus atau saluran hidung, dan bukan dari saluran napas bagian bawah.

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangSputum yang banyak sekali dan purulen ( kental dan berwarna kekuningan- kehijauan ) menyatakan adanya proses keganasan seperti abses paru paru { paru- paru penuh nanah ), sedangkan pembentukan sputum yang terus meningkat dengan perlahan-lahan dalam jangka waktu bertahun-tahun merupakan tanda adanya Bronkitis kronik atau bronkiektasis.

Warna sputum juga penting. obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangSputum yang berwarna kekuning-kuningan merupakan tanda adanya infeksi. Sputum yang berwarna hijau merupakan petunjuk adanya penimbunan nanah. Sputum yang berwarna hijau sering ditemukan pada bronkiektasis karena penimbunan nanah dalam bronkiolus (bronkus kecil) yang melebar dan terkena infeksi.

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangBanyak penderita infeksi pada saluran napas bagian bawah mengeluarkan sputum yang berwarna hijau pada pagi hari, tetapi makin siang menjadi kuning.

obat herbal alami madu propolis melia propolis melia biyangSifat dan konsistensi sputum juga dapat memberikan informasi yang berguna. Sputum yang berwarna merah muda dan berbusa merupakan tanda dari edema paru- paru akut.

Sedangkan sputum yang berbau busuk merupakan tanda abses paru – paru atau bronkiektasis.

Pada batuk berdahak konsumsi Propolis 3 – 4 x 10 tetes per hari, banyak minum air hangat dan minum obat batuk ekpektoran sampai batuk reda dan dahak normal kembali.

.

obat herbal alami madu propolis
Satu paket berisi 7 botol @ 6 ml
Harga 1 paket Rp. 700.000
SPECIAL HARGA MEMBER
Rp. 550.000
Syarat menjadi member HANYA membayar biaya registrasi
Rp. 30.000

(1 kali & berlaku seumur hidup)

.

More aboutObat Batuk Berdahak Herbal

Obat Batuk dan Flu Disertai Hidung Tersumbat

Posted by Neng Novie on

Komposisi
Tiap kaptab mengandung :
Paracetamol ……………..… 500 mg
Pseudoephedrine HCl…………30 mg
Dextromethorphan HBr…...……15 mg

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Cara Kerja
Bekerja sebagai analgesik-antipiretik, antitusif dan dekongestan hidung.

Indikasi
Untuk meredakan gejala hidung tersumbat, batuk yang tidak berdahak dan demam yang menyertai influenza.

Dosis
Dewasa : 1 kaptab, 3 kali sehari
Jangan diberikan kepada anak-anak di bawah 12 tahun, kecuali atas petunjuk dokter.

Efek Samping
Kadang-kadang dapat menyebabkan takikardia (jantung berdebar), dyspepsia, kemerahan pada kulit, depresi pernafasan dan susunan saraf pusat, mengantuk, konstipasi, mual, pusing.
Insomnia, gelisah, eksitasi, tremor, aritmia, mulut kering, palpitasi, retensi urine. Penggunaan dosis besar dalam jangka panjang menyebabkan kerusakan hati.

Kontraindikasi
Lihat kotak peringatan
Penderita hipersensitif terhadap komponen obat ini.
Penderita dengan gangguan fungsi hati yang berat.

Interaksi Obat
Penggunaan bersama antidepressant tipe penghambat MAO dapat mengakibatkan krisis hipertensi.

Cara Penyimpanan
Simpan di bawah 30oC

Perhatian
Tidak boleh diberikan pada penderita yang peka terhadap obat simpatomimetik lain (misal : phedrine, propanolamine, phenylephrine), penderita tekanan darah tinggi berat dan yang mendapat terapi obat antidepresan tipe penghambat Monoamin Oksidase (MAO).

Tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan.
Hati-hati penggunaan pada penderita tekanan darah tinggi atau yang mempunyai potensi tekanan darah tinggi atau stroke seperti pada penderitan dengan berat badan berlebih (overweight) atau penderita usia lanjut.

Bila dalam 3 hari gejala flu tidak berkurang, segera hubungi dokter atau Unit Pelayanan Kesehatan

Hentikan penggunaan obat ini jika terjadi susah tidur, jantung berdebar dan pusing.

Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostate, hipertiroid, dan retensi urine.

Tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah 2 tahun, wanita hamil dan menyusui kecuali atas petunjuk dokter.

Penggunaan pada penderita yang mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko kerusakan fungsi hati.

Hati-hati pada penderita debil dan hipoksia (kekurangan oksigen).

Dapat menyebabkan depresi pernafasan dan susunan saraf pusat pada penggunaan dengan dosis besar atau pada pasien dengan gangguan fungsi pernafasan (misal asma, emfisema)

Kemasan : 1 Blister @ 6 Kaptab
No. Registrasi : DTS0720933504A1
(indofarma)
More aboutObat Batuk dan Flu Disertai Hidung Tersumbat

Obat Batuk Alami untuk Bayi

Posted by Neng Novie on

wah kalau kami kasih fruit 18 jr, supplemen food ektrak 18 buah-buahan.
langsung pilek anak kami kering.

--------------------
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek
info bu lenny sangat bermanfaat.

tapi share pengalaman aja ya, anakku dulu waktu umur 9
atau 10an gitu d' , juga lama batuk and pileknya,
sampe sebulan, sampe kita takut paru2 basah trus di
tes mantuk juga, tenyata ngak.

akhirnya obatnya cuma dijemur aja tiap pagi, bagian
pungung belakannya. trus sembuh tuh...

--------------------------

Kebetulan niy aku punya resep untuk batuk n pilek.
Untuk batuk: kencur diparut trus diperas.air hasil perasan tadi diminum 3 kali sehari.
kalo pilek: bawang merah diparut. Air perasannya dicampur madu trus
diminumkan ke bayi.
Oke..semoga bermanfaat

------------------------------



smoga bermanfat
More aboutObat Batuk Alami untuk Bayi

Obat Batuk Alami untuk Dewasa

Posted by Neng Novie on

aku batuuuuuuuukkkk….

hiks…

hehehe

pilek awalnya, mampet dan sebagainya, ditambah tenggorokan yang sakit…

lama-lama jadi batuk berdahak plus pilek…

tidak nyaman sebenarnya, tapi dinikmati saja, itung-itung sebagai pengingat, karna selama ini takabur sama sehat….

astaghfirullah….

kalo di rumah, sebelum jadi separah ini, pas awal tenggorokannya sakit, biasanya ibu ama bapak udah pada ribut suruh minumin madu…

madu tu sesuatu yang selalu ada di rumah, karna bapak sangat percaya bahwa madu tu obat segala penyakit….

hehehe

secara, ada di Qur’an gitu loh….

Al-Quran, surat An Nahl ayat 68-69.

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah; “ buatlah sarang-sarang di bukit-bukit dan ditempat-tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)”. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda bagi orang yang memikirkan”

jadi, kalo anak-anaknya ada keluhan sedikit, madu disodorin….

puasaan aja, sebelum imsak, pasti ibu ato bapak ndulang aku ma adek madu dulu, soalnya kalo minum sendiri suka males…

hahaha

yang terjadi selama ini sih, asal madunya dirutinin, batuknya sembuh kok…

tenggorokannya juga gak gatel lagi…

walau gak secara instan…

kan butuh proses…

hehe

tapi itu juga tergantung, kamu percaya atau nggak…

sugesti sangat mempengaruhi lho…

kalo secara ilmiah sih, ngomongnya gini:

“Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurango tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.
Disamping kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %) madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin
seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium. Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya.”

akhirnya, tadi aku abis minum madu, hasil nodong punya ipus…

hahaha

smoga lekas sembuh…

AMIN..

hehehe

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

setelah ser-cing di internet tentang kasiat madu, dapetnya gini ni:

Khasiat dan Manfaat Madu : (http://lenterahati.web.id/khasiat-madu.html)
Madu dapat dikonsumsi oleh segala tingkatan ,dari Janin hingga Orang tua.
1. Janin : Madu dapat memperkuat janin yang lemah dalam kandungan ( rahim ).
2. Ibu Hamil : Madu membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung bayi, dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan
3. Bayi : Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi. Pertumbuhan dan perkembangan otak sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ ) dan kecerdasan mental ( EQ ) . Hal ini dapat dilihat dewasa ini aneka produk makanan tambahan baik susu atau bubur bayi yang di formulasikan dengan madu seperti Dancow , Frisian Flag , Sustagen ,dsb . Untuk itu kenapa tidak kita berikan saja bagi buah hati kita yang terbaik ,yaitu madu .
4. Anak-anak : membantu agar nafsu makan meningkat ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit. ( H.Mohamad , 2002 )
5. Remaja : Khasiat madu pada akil baligh remaja membuat tumbuh sangat cepat ,gizi yang baik dan teratur akan membuat pertumbuhan tubuh menjadi sempurna.
6. Dewasa : Tingkat kelelahan dan pekerjaan yang menumpuk mengakibatkan stress sehingga tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit . Dalam hal ini para pekerja pabrik yang bekerja keras seharian penuh ( long shift ) tanpa zat gizi yang memadai rawan terjangkiti penyakit seperti thypus , radang , serta infeksi bakteri lainnya maka dalam hal ini Madu adalah makanan tambahan terbaik.
7. Lanjut Usia : Madu adalah makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula , karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh , dimana pada usia tersebut organ pencernaan kita sudah mulai berkurang fungsinya ( Kesehatan 2001 ).

trus ada juga tips resep tradisional madu:

Resep Tradisional Madu:

1. Kerontokan rambut
Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yang didiamkan dikepala selama 5 menit pun tetap efektif.

2. Infeksi kandung kemih
Campurkan 2 sendok makan bubuk kayumanis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih.

3. Sakit gigi
Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu.

4. Kolesterol
Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ounce (16 kali 28 gram kira kira 1 pon = 454 gram) air teh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari meringankan gangguan kolesterol.

5. Pilek
Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.

6. Mandul
Pengobatan Yunani dan Ayurveda telah menggunakan madu selama bertahun-tahun untuk memperkuat semen (air mani = sperma) para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur sebelum tidur akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak berabad-abad lalu.
Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami istri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu, mereka mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang istri mulai mengandung dan melahirkan bayi kembar.

7. Sakit perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai ke akar-akarnya.

8. Kembung
Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut.

9. Bau napas
Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur dalam air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut di pagi hari.

10. Sakit kepala sinus
Minum campuran madu dan juice jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus.

11. Kelelahan
Studi terakhir menunjukkan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat daripada merugi-kan bagi tubuh. Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukur-an sama, terbukti lebih bugar dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan ½ sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitali-tas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalitas tubuh menurun.

12. Kanker
Riset terakhir di Jepang dan Australia menunjukan bahwa kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan 3 kali sehari.

13. Kelebihan berat badan
Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi ½ jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk, minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.

14. Influenza
Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika akan flu.

15. Jerawat
Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.

16. Infeksi kulit
Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit.

17. Mencegah penuaan
Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti mem-buat teh. Minumlah sebanyak 4 kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta men-cegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah

18. Arthritis (radang sendi / Encok)
Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam-suam kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam-suam kuku dan bubuk kayu manis. Pijat ke bagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1-2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam.
Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Copenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total. Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit.

19. Penyakit jantung
Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap harinya. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi resiko serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung kedua.

Konsumsi madu dan kayu manis secara teratur dapat memperlancar pernapasan dan memperkuat detak jantung. Panti Wredha (jompo) di Amerika dan Kanada, berhasil mengobati penghuninya yang memiliki gangguan pembuluh darah karena tersumbat, dan berkurang fleksibilitasnya karena usia, dengan ramuan tersebut.

Keterangan :
Bagi orang yang jarang minum madu reaksi / efek samping yang umumnya terjadi adalah diare , tetapi hal ini akan hilang dengan sendirinya. Banyak orang yang minum madu tatkala sakit saja. Tetapi bukankah mencegah lebih murah dari mengobati ,apalagi dalam kondisi krisis moneter saat ini, ditengah biaya rumah sakit dan obat yang semakin melambung tinggi.

More aboutObat Batuk Alami untuk Dewasa