Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Posted by Neng Novie on

Hi All, nanya dong biasanya kalo lagi hamil terserang batuk baiknya minum obat apa ya??
Selama ini gua cuma konsumsi vit C, uda agak baikan sih, tp msh byk dahaknya, kasihan ama dede kegoncang terus krn batuk. Bahaya gak ya buat yg di dalam kalo sy obatinya pelan2 dgn vit C aja?? Takut ada ngaruhnya ke janin kalo gak cepat disembuhin...Pengennya sih cuma vit C aja nih..

Ada yg diresepin benadryl gak ama dok kandungan buat batuk kalo lg hamil??

Pls share...

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

-----------

wah, lagi batuk ya, bu? kmrn ini aku batuk pilek dikasih actifed yang sirup sama dokterku. tapi aku cuma minum 1x sehari & ga lama2. pas udah mendingan aku stop. coba tny doktermu aja dulu. kalo ga parah2 banget sih lebih bagus ga minum obat kayanya ya. aku juga kalo ga sampe tepar tahan2in deh. bnyk makan jeruk & CDR doang. oya, bnyk istirahat juga ya...moga cepet sembuh

----------

Hi cheese girl, aku sih uda tanya dok kandungan dan dikasih benadryl syrup tp kok aku kyknya gak berani minum ya, uda gua tahan2in gak minum, minumnya vit C aja, emang mendingan sih tp lama sembuhnya, kalo uda batuk keingat ama yg di dalm duh kasihan dedenya kegoncang...

----------

iya...aku juga kalo batuk kasian dede. coba minum air anget kalo pas batuk. biasanya sih membantu biarpun sebentar. kalo tahan ga minum obat ya ga usah di minum benadryl`nya. kmrn aku juga sampe meriang aku tahan2in demi yang di dalem puji Tuhan cepet sembuh krn bnyk makan jeruk, minum air putih & CDR plus istirahat

---------

gw udah 2 kali batuk pas hamil... nyebelin bgt deh...
gw minum OBH combi, diksh sama dokter... krn batuknya lmyn juga... trus sering minum air anget... emang c gw sembuhnya ga cepet pas batuk yg pertama, tp batuk yg kedua cepet sembuh..
ktnya c OBH aman... lagean kalo ga diobatin, capek juga sakit mulu... daya tahan jd lemah, n makannya juga harus milih bgt kan...
kalo temen gw minum air perasan jeruk nipis + madu dicampur air anget.. gw udah mao praktekin tp ternyata gw udah sembuh duluan.. hihhhi...
semoga cepet sembuh...

---------

aku mo share pengalamanku ya.. waktu hamil dulu aku batuk kering, sampai sakit kalo mo nelan makanan.. waktu itu aku diresepin OBP racikan apotik sama minum lemocyn (tablet hisap antiseptik).. trus kata dokterku kalo batuk berdahak boleh pakai OBH racikan apotik kok..

trus kalau sudah sembuh, banyak minum air putih ato air kelapa ijo.. supaya air ketubannya ga jadi ijo.. katanya kalo kebanyakan konsumsi obat, air ketuban bs jadi ijo.. jadi untuk menetralisir efek kimia obat, kita perlu minum air putih ato air kelapa itu..

aku ga disarankan minum CDR, karena effervescent mengandung soda (CO), takutnya meracuni bayiku.. jadi aku kalo minum vit. C minum kaya ester-C gitu.. (UC juga ga disarankan diminum)

aku udah lahiran..dan puji Tuhan waktu lahir kemarin, air ketubanku masih putih bening..
More aboutObat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Obat Batuk Alami untuk Balita

Posted by Neng Novie on

Batuk sering menerpa bayi dan anak-anak. Ibu selalu memberi obat yang manjur untuk meredakan batuk, cukup sederhana yaitu madu. Jika dibandingkan dengan obat batuk berbentuk sirup yang umum dijual dipasaran atau membiarkan anaknya terbatuk-batuk semalaman, madu terbukti lebih baik.

Satu sendok madu diketahui dapat membantu meredakan batuk anak dimalam hari dan membantu mereka tidur lebih nyenyak, begitu dimuat dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine , edisi Desember 2007.

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Madu digunakan diseluruh dunia sebagai pengobatan tradisional untuk batuk, dan merupakan alternatif yang aman dan efektif sebagai obat batuk.

Ada beberapa alasan madu dapat menyembuhkan batuk : kualitas sirup madu yang manis melegakan tenggorokan, sementara unsur antioksidan madu juga merupakan salah satu faktor pereda batuk. Selain itu, madu memiliki efek antimikroba.

Tetapi perlu dicatat pula, bahwa madu tidak disarankan untuk bayi berusia di bawah satu tahun, karena risiko langka namun serius yang dapat menyebabkan sejenis keracunan makanan yaitu botulisme. Tetapi untuk anak-anak yang lebih besar, pada umumnya madu cukup aman digunakan. Mengenai dosis penggunaanya sesuai dengan rekomendasi obat batuk biasa :

  • 2-5 tahun : ½ sendok teh,
  • 6-11 tahun : 1 sendok teh,
  • 12 tahun ke atas : 2 sendok teh.
More aboutObat Batuk Alami untuk Balita

Obat Batuk Alami untuk Anak

Posted by Neng Novie on

Rasanya tak tega mendengar si kecil batuk-batuk. Terkadang ada orangtua yang menyuruh anaknya berhenti batuk karena khawatir akan menyakiti tenggorokannya. Padahal, batuk membuat anak bisa bernapas lebih lega. Jangan memaksanya untuk menahan batuk, asal batuknya bukan yang dibuat-buat untuk mencari perhatian lho. Berikan dia handuk kecil bersih untuk menutup mulutnya agar tak menularkan virus ke sana-sini.
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Ketika batuknya tak kunjung sembuh, biasanya Anda memberikan beragam obat. Namun, tunggu dulu, Catherine Tom-Revzon, PharmD, dokter anak di New York, mengatakan, obat batuk untuk anak-anak justru bisa berbahaya. Dalam beberapa kasus ditemukan anak-anak menjadi hiperaktif, pusing, dan sulit beristirahat di malam hari.

Daripada bertaruh terhadap kesehatan anak dengan obat-obatan kimiawi, coba berikan yang lebih alami. Ian Paul, MD, anggota farmakologi klinis dan komite terapeutis dari AAP, menyarankan untuk memberikan madu kepada anak-anak yang sakit batuk atau iritasi tenggorokan. Menurut penelitian, madu lebih baik dari obat batuk untuk melegakan tenggorokan setelah batuk. Madu yang lebih gelap, seperti jenis buckwheat, lebih manjur karena memiliki tingkat antioksidan lebih tinggi. Berikan setengah sendok makan madu kepada anak usia 1-5 tahun atau 1 sendok teh madu untuk anak usia 6-11 tahun. Tetapi jangan memberikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun untuk mencegah botulisme dari bakteri.
More aboutObat Batuk Alami untuk Anak

Obat Batuk Tradisional untuk Ibu Hamil

Posted by Neng Novie on

Terima Kasih buat Moms and Dads yang udah kasih saran. n juga buat Moderator.

Special Thanks to: Bapaknya Sulthan Tsaqif Haidar, Dini, Nanuk, Ferly, Mira,
rini/ibunya raissa + kyran dan Bunga.
Ini summarynya:

-Mba lessy
kalau istri saya waktu hamil minumnya obat batuk OBH tapi yg ngak pakai
combi.
itu yg di kasih sama dokternya.
semoga membantu ya dan cepat sembuh

Bapaknya Sulthan Tsaqif Haidar
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

-Dear mb Lessy,

Aku dulu sewaktu hamil juga pernah mengalami hal yang sama.Kalo gak salah
aku diresepin sama DSOG ku dengan OBH aku lupa mereknya apa.Katanya OBH yang
paling aman untuk ibu hamil.Kalo gak dikasih perasan jeruk nipis+kecap aja
mb.
Maaf kalo kurang membantu...

tks
Dini

-waduh, kasusnya sama nih dgn aku, dah seminggu ini aku batuk, trus sama
dokterku dikasih obat batuk syrup codipron, tapi sampe obatnya mo habis,
batuknya blom sembuh2 juga..secara gak hamil aja klo batuk bikin perut
sakit, apalagi sekarang lagi hamil...kira2 klo pake jeruk + kecap apa manjur
bin ampuh ya ?? (lho kok malah ikutan nanya....) sorry jadi ikutan curhat...

nanuk

- Saran aja nih mba, mendingan sih jangan Jeruk + kecap, tapi Jeruk nipis +
Madu aja.

Ferly

- mba lessy..

aku juga waktu hamil pernah kena batuk n flu..
aku lupa dl pake obat merk apa, tapi yang jelas aku tanya ama orang apotek ny
obat yang aman untuk ibu hamil..mereka tau ko
untuk batuk biasany dikasih obh yang herbal..aga lama sih sembuhny jd ya
sabar aja ya..

mira

- Dear mbak Lessy,

mau sharing aja nih. dulu pas hamil anak pertama (raissa), aku juga mengalami
batuk yang bener2 mengganggu, sampe pas batuk itu perut rasanya ikut sakit.
kebetulan waktu itu aku di UK, jelas aja ke dokter, aku di'cuek'in alias nggak
dikasih obat apa2, dan disuruh 'menikmati' aja batukku....hehehe.....

alhasil setelah menghabiskan 1 botol OBH bawaan dari tanah air dan batuknya
tetep nggak sembuh2, aku coba segala macem, dari yang namanya jeruk nipis +
kecap, jeruk nipis + madu, air jahe, air jahe + jeruk, teh panas +
jeruk......pada nggak berhasil juga.....terakhir, aku menemukan cara yang
paling jitu....yang setelah aku lakukan 3 kali, langsung sembuh....yaitu jeruk
nipis, dipotong 4, ditaburi garam....gigit dan hisap!...hehehe...

selamat mencoba!

rini/ibunya raissa + kyran



Mohon masukannya dan mungkin bisa kasih solusi ...

Saat ini saya sedang hamil 15 mingug tapi sudah 2 hari ini kena flu berat.Kira2
minum obat batuk berbahaya gak yah ? kebetulan saya juga kurang suka konsumsi
obat, lebih suka ramuan tradisional. Selain itu, kalau ibu hamil sedang sakit
apakah bayinya ikutan sakit juga/terganggu pertumbuhannya ?

Mohon masukannya, soalnya jadi pusing berat nih gara2 flu nya ...

terima kasih ya ...

ilna


Dear Ilna,

Kalau pengalaman kami, saya supply istri dengan makan 1 jeruk setiap hari.
Kalau dia lagi terkena flu, saya sarankan ke dia untuk makan jeruk pagi dan
siang. itu rasanya lebih aman drpd minum obat. Terus tambah lagi ajah dengan
tomat. itu pasti berguna.

Dokter sih menyrnkan untuk minum obat, tapi kami usahkan untuk tidak minum
obat, toh kalau pun minum obat, obatnya juga mengandung vit C kan? :-)

Begitu dulu sharing saya, mungkin ada masukan dari temen2 yang lain.

Perdana

Hai mba,

Sudah coba bed rest total? Kemarin aku baru ikut jumpa pakar Ayahbunda, dan
dokter yang mandu bilang kalau flu itu bisa sembuh kalau kita istirahat total.
Konsumsi Vit. C juga bagus. Memang kalau sedang hamil, sebisa mungkin
menghindari obat. Tapi, biasanya dokter juga tahu kok, mana yang aman untuk ibu
hamil. Dulu aku pernah juga flu pas hamil trisemester ke-2, dan di kasih
flumicil, rasanya seperti vit. C biasa.
Kalau memang sudah payah banget, boleh aja konsul ke dokter kandungan.
Moga membantu.

Regard's
Ibunya Umaira


Mbak, flu berat kalau didiamkan lama kelamaan mengganggu aktifitas kita dan
kondisi badan kita juga. saya sudah 2 kali flu selama hamil kedua ini. Pertama2
memang saya tidak minum obat, tapi lama kelamaan karena badan lemah dan
mempengaruhi nafsu makan, saya konsul ke dokter kandungan untuk mendapatkan
obat yang tidak berbahaya untuk Ibu hamil. Sakit pertama, saya batuk2 hebat
sampai perut saya sakit, waktu itu kandungan saya kalau tidak salah sudah masuk
trismester 2, akhirnya saya disarankan minum Obat batuk hitam untuk Ibu Hamil
dan minum panadol (saya lupa warna apa yang aman untuk Ibu hamil). Ternyata di
apotik dekat rumah tersedia obat itu.
Yang kedua, sekarang ini, udah seminggu lebih batuk pilek tapi belum sembuh2
juga. Saya sempet minumin obat batuk hitam itu juga tapi cuma beberapa kali.
setelah saya pikir, batuknya ga menyakitkan perut lagi, saya stop minum obat.
Mungkin karena itu yah sakitnya ga sembuh2..
Saran saya sih, asalkan nafsu makan tidak terpengaruh dan kondisi badan masih
kuat untuk beraktifitas, minum vitamin saja. Namun jika sangat mengganggu dan
membuat badan menjadi lemah, lebih baik konsul ke dokter untuk mendapatkan
pengobatan yang aman bagi Ibu hamil. Asupan makanan dan kondisi fisik Ibu
mempengaruhi janin juga.

Semoga membantu - prety


Aku juga pernah ngalamin flu berat saat hamil dan pas aku ngelahirin juga lagi
flu berat.
Selain banyak makan buah dan vit-C, DSOGku biasanya kasih CTM pil kuning
yang biasanya buat alergi atau gatel2 ituloh... itu aman bagi janin koq...
dosisnya jugakan udah disesuaikan sama kondisinya bumil he... selain itu kalo
untuk batuknya biasanya aku kasih obat tradisional jeruk nipis + kecap dan
untuk obatnya DSOGku kasih OBH.

Semoga membantu.

-emaknya Kei-
More aboutObat Batuk Tradisional untuk Ibu Hamil

Obat Batuk Tradisional untuk Balita

Posted by Neng Novie on

Air Kelapa Muda dan Kopi

Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekehendak anak. Dicampur dengan sedikit kopi (seujung sendok saja)

Brotowali (Putrawali, andawali)

Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan gunakan untuk mengobati luka serta gatalgatal.

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek


Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun : 2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt.

Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas /cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3kali 1 sdt per hari.
Kentang
Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan parutan kendtang segar dioleskan pada bisul 3-4 kali per hari Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat kentang yang mendinginkan.
Banglai (bangle, panglai, manglai, pandhiyang)
Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam hari, balurkan parutan banglai segal di kening dan badan anak.
Minyak zaitun
Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (craddle crap), sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit kepala.
Lidah buaya
Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan mengoleskan daging daun lidah buaya pada seluruh permukaan kulit yang menderita luka bakar.
Daun pepaya
Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas,beri-beri dan kejang perut. Caranya, daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.
Temulawak (koneng gede)
Untuk menambah nafsu makan. Caranya, 150 gram temulawak 50 gram kunyit segar dikupas, iris tipis, rendam dalam 500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu. Setelah 2 minggu ramuan siap untuk digunakan.Aturan minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air hangat, diminum pagi dan sore.
Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.
Adas (fennel)

Teh adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atauyang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi. Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1sdt teh adas dilarutkan dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut. Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan takaran sesuai umurnya.

More aboutObat Batuk Tradisional untuk Balita

Obat Batuk Tradisional untuk Anak

Posted by Neng Novie on

ANEKA OBAT TRADISIONAL UNTUK ANAK


Berikut sejumlah obat dan bumbu dapur yang biasa digunakan sekaligus
kegunaannya :
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek
Bawang Merah

Untuk menurunkan demam, parut bawang merah secukupnya, balurkan di tubuhbayi/anak.Untuk borok, 3 siung bawang merah dan 2 jari rimpang kunyit dicuci,diparut, lalu dicampur dengan 2 sendok minyak kelapa baru.

Hangatkan diatas api kecil sambil diaduk.Setelah dingin, oleskan pada bagian tubuh yang sakit sebanyak 2 kali sehari.Untuk masuk angin, 8 siung bawang merah, dicuci, tumbuk halus, campurdengan air kapur sirih secukupnya. Balurkan di punggung, leher, perut dan kaki.

Jahe

Untuk menghilangkan masuk angin, perut kembung dan kolik pada anak.Caranya, 1/4 sendok teh bubuk jahe kering dilarutkan dalam 1/2 cangkir air panas. Berikan 1-2 kali per hari sesuai umurnya.

Kunyit (kunir)

Untuk diare, 1/2 jari kunyit dan 3 lembar daun jambu biji muda segar dihaluskan, campur dengan 1/2 cangkir air, lalu diperas. Setelah disaring, diminumkan pada anak . Untuk kulit berjamur atau becak putih jamur/ruam popok karena pemakaian diapers, parut kunyit lalu oleskan.

Daun jambu Biji (jambu klutuk, jambu batu)

Untuk diare, 3 lembar daun jambu biji muda dan segar dicuci bersih, tumbuk halus, beri 1/2 cangkir air matang hangat, diperas dan diambil airnya.Beri garam secukupnya sebelum diminumkan pada anak.Air perasan diberikan pada anak sekehendaknya.

Belimbing wuluh (belimbing asam, belimbing buluk)

Biasanya digunakan untuk obat batuk anak. Caranya, kukus (dalam panci kecil tertutup selama beberapa jam) satu genggam (sekitar 11-12 gram) bunga belimbing wuluh segar, 5 butiradas, 1 sendok makan gula batu dan 1/2 gelas air. Saring dan minumkan 2-3 kali per hari dengan dosis sesuai usia anak.

Mengkudu (pace)

Untuk meringankan perut kembung pada bayi. Caranya, panaskan daun mengkudu diatas api beberapasaat, lalu olesi minyak kelapa segar / yang baru. Tempelkan pada perut anak sewaktu hangat. Bisa diulang beberapa kali.

Kemiri

Berkhasiat menyuburkan rambut bayi. Caranya, minyak kemiri dioleskan pada kepala bayi/anak sambil dipijat perlahan setiap malam. Pagi hari rambut disampo dan dibilas dengan air hangat hingga bersih. Minyak kemiri ini lebih baik yang sudah jadi.

Air Kelapa Muda

Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekendak anak.

Brotowali (Putrawali, andawali)

Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal.

Jeruk Nipis

Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun : 2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt. Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas /cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3 kali 1 sdt per hari.

Kentang

Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan parutan kendtang segar dioleskan pada bisul 3-4 kali per hari Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat kentang yang mendinginkan.

Banglai (bangle, panglai, manglai, pandhiyang)

Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam hari,balurkan parutan banglai segal di kening dan badan anak.

Minyak zaitun

Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (craddle crap),sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit kepala.

Lidah buaya

Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan mengoleskan daging daun lidah buaya pada seluruh permukaan kulit yang menderita luka bakar.

Daun pepaya.

Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas,beri-beri dan kejang perut. Caranya, daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.

Temulawak (koneng gede)

Untuk menambah nafsu makan. Caranya, 150 gram temulawan 50 gram kunyit segar dikupas, iris tipis,rendam dalam 500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu.Setelah 2 minggu ramuan siap untuk digunakan.Aturan minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air hangat, diminum pagi dan sore.

Kencur

Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.

Adas (fennel)

Teh adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atau yang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi. Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1sdt teh adas dilarutkan dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut. Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan takaran sesuai umurnya.
More aboutObat Batuk Tradisional untuk Anak

Obat Batuk Tradisional untuk Dewasa

Posted by Neng Novie on

Sakit batuk memang sangat menjengkelkan, baru enak-enak ngobrol dengan pacar atau istri eh tiba-tiba batuk datang, baru asik makan dengan relasi eh batuk datang, maka rusaklah atau terganggulah suasananya. Kalau sesekali batuknya mungkin tidak begitu mengganggu tapi kalau serangan batuk yang beruntun (orang jawa mengatakan batuk sampai kepingkel-pingkel ). Sakit batuk bisa disebabkan oleh berbagai hal antara lain kuman penyakit, debu/ kotoran, serta bau yang menyengat misal bau cabe/ bumbu yang sedang digoreng. Polusi udara, entah itu asap pembakaran atau asap knalpot juga debu baik debu jalanan atau debu ketika membersihkan rumah dapat menyebabkan kita sakit batuk.
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Sakit batuk ini diawali dengan tenggorokan yang serak dan gatal, rasa serak dan gatal inilah yang mendorong kita untuk batuk. Bahkan kadang sampai terjadi radang ditenggorokan. Kalau yang sakit orang dewasa mungkin kita tidak terlalu khawatir tapi kalau yang sakit batuk anak kecil bahkan bayi mungkin akan beda perasaan kita. Bagaimana tidak karena kalau bayi terkena batuk bayi tersebut biasanya belum bisa meludah jadi mengganggu pernapasan. Sebelum anda memutuskan untuk periksa ke dokter ada baiknya anda mencoba resep sederhana ini, resep tradisional yang sudah turun temurun dipraktekkan orang-orang jawa, obat ini hampir pasti bisa didapatkan disekitar dapur yakni dengan garam dapur. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

-Ambil sedikit garam dapur masukkan ke dalam gelas lalu tuangkan air matang yang
hangat kemudian aduk dengan sendok sampai garamnya larut, maka selesailah obat
batuk itu.
-Minum dan berkumurlah dengan segelas/ secangkir air garam tersebut sehari 3 kali
pagi, siang dan sore selama 3 hari. Insyaallah akan segera sembuh. Kalo ternyata
rasa serak, gatal dan batuk belum sembuh juga maka saya sarankan anda segera
berobat ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.
Selamat mencoba! Selama 3 hari berturut-turut
More aboutObat Batuk Tradisional untuk Dewasa

Obat Batuk Berdahak Tradisional

Posted by Neng Novie on

Disini saya akan menuliskan atau memuat tentang cara meramu atau membuat obat alami untuk mengobati sakit tenggorokan atau batuk berdahak.
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek

Bahan :
- 1 Buah jeruk Nipis
- 1/2 sendok teh Kecap manis

cara membuat :
Pertama-tama mencuci jeruk nipis kemudian iris jeruk nipis tadi menjadi dua bagian lalu diperas untuk diambil airnya kemudian simpan disendok makan lalu campurkan dengan kecap manis kemudian dikonsumsi.
(untuk satu kali minum/satu kali pakai)

aturan minumnya :
sebaiknya disaat meminumnya jangan seperti meminum air langsung ditelan namun ini dilakukan secara perlahan-lahan atau sedikit demi sedikit dan usahakan tersimpan ditenggorokan dengan tujuan air sari jeruk nipin tadi mengenai daerah yang sakit.
selama proses pengobatan sebaiknya hindari mengkonsumsi Es dan sejenisnya, makanan yang mengandung santan dan yang mengandung minyak.
More aboutObat Batuk Berdahak Tradisional

Obat Batuk Tradisional untuk Bayi

Posted by Neng Novie on

saya mau tanya nih..resep/obat tradisional untuk bayi yang lagi batuk pilek
yang manjur apaan yah
bayi saya umur 2,5 bulan sedang batuk pilek...
Terima Kasih
Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek
----------------------------------------------------------

Resep dr orang tua saya saat anak saya, Sabrina, saya berikan "Adas pulo waras +
bunga blimbing sayur (blimbing wuluh kl basa jawanya) + gula batu"
semuanya diambil sedikit-sedikit, lalu di kukus, bisa diminumkan ke si kecil
tiap pagi dan sore.
Bisa juga kl udah besar ato pencernaannya tahan denga ramuan jawa, diberikan
kencur diparut lalu di peras (sedikit aja) lalu diberi madu.

demikian..semoga bermanfaat

----------------------------------------------------------

1 sendok teh madu ditambah 1/4 sendok teh bubuk kayu manis, ditambah air
suam-suam +/- 3 sendok teh, diaduk, kalau sudah agak dingin diminumkan
. Fungsinya juga membersihkan sinus.
Diminum 3 x sehari.
Semoga cepet sembuh.
More aboutObat Batuk Tradisional untuk Bayi

Obat Batuk Tradisional, Silahkan Dicoba!!

Posted by Neng Novie on

Tanya
Ada yang punya obat batuk tradisional untuk anak² (balita) anakku (3 th) batuknya nggak berhenti² aku sampai kasihan lihatnya dan dianya jadi nggak bisa tidur, saat ini dia sudah minum obat dokter tapi belum sembuh malah batuk batuk terus nggak berhenti apalagi habis minum susu mau distop susunya nggak bisa, kemarin malam tempat tidur sampai 3 kali ganti sprei dan ganti baju karena kena muntah, tadi malam aku kasih vicks formula agak reda tapi paginya mulai lagi dan jam 4 sudah bangun karena batuk² terus, gimana ya moms aku kasihan kalau dikasih obat²an terus. (Ni)

Obat Batuk, Obat Batuk Tradisional, Obat Batuk Alami, Obat Batuk Berdahak, Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Kering, Obat Batuk Anak, Obat Batuk Bayi, Obat Batuk Ibu Hamil, Obat Batuk Pilek
Jawab
Kalau obat tradisional yg biasa utk batuk-pilek, biasanya aku kasih kunyit campur madu. Kalau aku kasih sebelum gejalanya memberat, misalnya paling baru bersin-bersin atau batuk sekali², biasanya jadi sembuh. Tapi kalau aku ngasihnya agak telat, misalnya udah pilek/batuk berat, biasanya nggak mempan. (Mi)

mbak, coba kasih kencur ama sedikit garam. agak pedas tapi insyaallah manjur. resepnya mertua. kencur diparut, kasih air anget dikit, peras kasih garam dikit, satu sendok 3x sehari lah. kencur kan agak pedes, garamnya utk ngilangin pedesnya. moga cepet sembuh ya.trus, kalo ke dokter kan biasa dikasih antibiotik tu kalo batuk, coba kalo batuknya udah agak redaan, kasih perasan kunyit dan madu dikit. moga cocok dech. (Ic)

Mbak, aku dpt resep ini juga dari DI. Utk ngilangin batuk yg membandel bisa dikasih : 1 sendok madu + bubuk kayu putih. Bubuk kayu putih bisa dibeli hero kok. Resep ini bisa utk anak² juga. (Li)

Aku punya resep lain dari bapakku, sewaktu batuk aku disuruh makan stup jambu klutuk, dan tentu saja karena rasanya enak anak² pasti mau minum (anaku juga doyan). Maaf nih takarannya aku 'gak tau pasti cuman bahannya sbb:
Jambu klutuk dipotong² (biji sama kulitnya jangan dibuang).
Kapulaga
Cengkih
Kayu manis
Gula batu
Air

Cara buat:
Didihkan air, masukkan kapulaga, cengkih, kayu manis dan gula batu. Setelah gulanya hancur masukkan jambu sebentar (+/- 5 menit). Cara minumnya, stup jambu diblender terus disaring bijinya. (Ri)
More aboutObat Batuk Tradisional, Silahkan Dicoba!!